Semua ArtikelTips dan Trik

Rumah Berantakan Karena Barang? Ini Solusinya!

Source : parenting.orami.co.id

Siapa sih yang tidak risih melihat rumah berantakan? Pasti kalau sudah risih, kita yang berada di rumah merasa tidak betah. Rumah yang terlihat berantakan bukan berarti kotor. Hanya saja kemungkinan terlalu banyak barang dan tidak tertata dengan baik. Lalu bagaimana caranya mengatur barang – barang di rumah agar terlihat rapi? Nah, kali ini Arsminimalis akan memberikan tipsnya untuk Sobat Ars.

  1. Pilih dan pilah barang yang tidak digunakan

    Sobat Ars pasti pernah membeli barang yang sebenarnya tidak terlalu butuh tapi karena lucu atau unik, maka langsung diembat. Inilah yang dapat menumpuk barang dan lebih banyak yang tidak digunakan. Untuk itu, pilih dan pilah barang kamu yang sudah tidak lagi digunakan. Bisa didaur ulang, dijual kembali, atau diberikan kepada orang yang lebih membutuhkan.

    Source : tcer.my (Memilih dan memilah barang yang sudah tidak digunakan)
  2. Letakkan barang dengan rapi

    Meletakkan barang sesuai dengan fungsinya seperti alat makan, alat dapur, pakaian, alat mandi, atau sebagainya. Setiap barang sudah seharusnya memiliki “rumah”, sehingga jika sudah digunakan harus dikembalikan ke tempatnya. Rumah yang dimaksud adalah bisa berupa lemari, box, ataupun rak.

    Source : idntimes.com (Meletakkan barang sesuai fungsinya mempermudah kamu dalam mencari barang)
  3. Tentukan area “panas” dan “dingin”

    Area panas yang dimaksud adalah tempat untuk kamu meletakkan barang yang mudah dijangkau. Tempat penyimpanan untuk area panas ini tingginya kurang lebih sepinggang, misalnya laci paling atas, lemari bagian tengah, atau rak bagian tengah. Sedangkan untuk area dingin adalah tempat untuk penyimpanan barang yang jarang kamu gunakan dan kamu harus membungkuk, berjongkok, atau bahkan memanjat. Biasanya berada di bawah kolong kasur atau laci paling bawah. Bisa juga berada di bagian atas seperti dekat plafon atau atas lemari.

    Source : furnizing.com (Atas lemari dekat plafon merupakan area panas)
  4. Berpikir panjang dalam membeli barang

    Dalam membeli barang, perhitungkan untuk jangka waktu yang lama. Apakah barang tersebut nantinya bisa digunakan dalam jangka waktu panjang. Tentunya juga Sobat Ars harus mengerti mana barang yang merupakan keinginan dan kebutuhan.

    Source : catatanmini.com (Sebelum membeli, berpikirlah dalam memilih barang sesuai kebutuhan)
  5. Manfaatkan ruang kosong

    Memanfaatkan ruang kosong yang ada di dalam rumah misalnya di bawah tangga. Kamu bisa meletakkan sepatu atau perkakas sehingga tidak terlihat berantakan.

    Source : arsitag.com (Memanfaatkan bawah tangga untuk menyimpan barang)

Yang paling terpenting adalah jangan suka menumpuk barang. Buanglah atau berikan barang kamu yang sudah tidak digunakan. Namun pasti ada diantara Sobat Ars yang suka menyimpan barang meski sudah tidak lagi digunakan hal itu yang dinamakan Hoarding Disorder. Menurut Anxiety and Depression Association of America (ADAA) merupakan suatu sikap yang mana seseorang mengalami kesulitan untuk berpisah atau membuang suatu barang meskipun sudah tidak memiliki fungsi. Dilansir dari tirto.id, bagi yang menderita Hoarding Disorder mereka akan merasa tidak menyukai jika barangnya dibuang, mereka percaya jika barang tersebut akan bermanfaat kedepannya. Barang tersebut memiliki keterikatan emosional antara pemilik dan barangnya. Mereka akan merasa aman jika dikelilingi barang – barang tersebut.

Source : arsminimalis

Untuk itu, agar rumah Sobat Ars tetap terlihat rapi dan tertata. Penghuni rumah dan tamu yang sedang berkunjung pun akan merasa betah jika ke rumah kamu. Kamu juga tidak akan dianggap sebagai orang yang jorok dan berantakan.

Hal yang paling penting juga adalah Sobat Ars tetap harus memperhatikan kebersihan. Setidaknya bersihkan rumah sehari dua kali. Untuk keseluruhan rumah, bersihkan setidaknya seminggu sekali di akhir pekan saat libur kerja atau kuliah. Tidak perlu rumah yang mewah untuk menimbulkan kesan betah bagi penghuni atau tamu. Rumah yang rapi dan bersih juga dapat memberikan kenyamanan.

Baca juga :  Atap Mansard untuk Negeri Bersalju

3 pemikiran pada “Rumah Berantakan Karena Barang? Ini Solusinya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *