Rumah MinimalisSemua Artikel

Gaya Arsitektur Maroko yang Numero Uno

Source : reddit.com (Hunian bergaya maroko)

Ingin membangun rumah? Renovasi? Atau sekedar mendekorasi kamar? Apakah Sobat Ars sudah menentukan tema atau konsep yang mau dipakai? Jika belum, maka berhenti sejenak di website Arsminimalis dan bacalah artikel-artikelnya mengenai gaya arsitektur suatu bangunan. Banyak yang sudah kami bahas dan berikan ciri-ciri gaya tersebut disertai gambar.

Untuk gaya maskulin bisa Sobat Ars coba dengan konsep industrial yang lagi in. Jika menginginkan kesan yang lebih manis, shabby chic pasti eksotis. Apabila kamu menyukai produk berbahan kayu dengan sentuhan minimalis, coba gaya mid-century modern yang praktis. Mediterania juga bisa jadi pilihan lantaran konsepnya yang menawan. Namun tak seperti yang sudah disebutkan, kali ini Arsminimalis akan mengajakmu untuk membahas gaya yang sebenarnya kebanyakan anak muda kurang sukai.

Gaya arsitektur maroko, begitulah para ilmuwan yang bergerak di bidang arsitektur menyebutnya. Maroko merupakan negara yang terletak di ujung Benua Afrika serta berbatasan langsung dengan Benua Eropa, khususnya Portugis dan Spanyol. Di barat, Maroko berbatasan dengan Samudra Atlantik. Sedangkan di utara berbatasan dengan Laut Mediterania. Gurun Sahara juga ada di bagian selatannya. Maroko sempat dikuasai Roma, tetapi sekitar abad ke-5 mulai dipegang oleh Yunani dan Bizantium. Akibat kondisi geografisnya, banyak negara yang menjajah Maroko dan memengaruhi arsitekturnya.

Source : thestar.com (Arsitektur maroko mendapat pengaruh dari Islam dan beragam daerah di sekitarnya)

Kebanyakan orang akan mengatakan gayanya penuh kesan Arab karena memang desainnya ada pengaruh dari agama Islam. Pengaruh Islam tersebut mulai memasuki negara ini pada abad ke-7. Maroko memang negara Islam yang membuat hal tersebut menjadi pengaruh terbesar pada desain bangunannya. Untuk konstruksi dan ornamen bangunan, gaya arsitektur Islam secara spesifik diadopsi oleh Maroko selama berabad-abad. Arsitektur maroko sempat mendapati masa emasnya di abad 11 sampai 15. Jika memasuki rumah bergaya maroko, Sobat Ars akan langsung disambut dengan nuansa Arab yang kental dengan sedikit sentuhan Spanyol.

Baca juga :  Benteng Pertahanan Sempat Tak Memiliki Pengakuan

Hal pertama yang menarik perhatian adalah pemilihan warnanya yang cukup kontras pada bangunan bergaya maroko. Pilihan warna yang dipakai diketahui merefleksikan nuansa gurun di Timur Tengah atau bisa juga lautan. “Bicara soal warna, salah satu warna favorit yang selalu digunakan adalah terakota. Warna ini selalu memberikan kesan hangat dan bisa menciptakan suasana yang benar-benar menggoda. Biasanya lebih pas diterapkan di bagian ruang tamu,” ungkap Arsitek Deni Setiawan pada Sindonews.com. Palet warna yang digunakan juga mencerminkan kondisi alam dan geografis Negara Maroko. Biru dan hijau merupakan Laut Mediterania. Oranye, merah, serta kuning menjadi simbol Gurun Sahara.

Warna-warni yang berani itu dapat ditemui pada penggunaan keramik mozaik. Biasanya disebut zallij, keramik mozaik dengan warna-warna cerah khas Maroko. Pola mozaik yang dipakai identik dengan Islam dan Arab. Sering kali ditemui ornamen hiasan bermotif tumbuhan dan geometris seperti yang diperbolehkan dalam ajaran Islam. Mozaik juga digunakan untuk bagian atas meja, bingkai cermin, serta bingkai jendela.

Source : Pinterest (Zallij yang menjadi salah satu ciri khas bangunan Maroko)
Source : casaindonesia.com (Simbol hamsa yang kerap kali ditemui pada bangunan Maroko)

Selain zallij, ada pula simbol yang kerap kali muncul pada perabotan serta aksesoris gaya maroko. Simbol itu disebut hamsa, yaitu simbol tangan dari Fatimah yang merupakan anak perempuan dari Nabi Muhammad SAW. Adanya simbol hamsa menambah kesan estetik juga energi positif. Simbol ini diyakini bisa menjauhkan pengaruh buruk dan negatif. Lalu ada juga mashrabiya, ukiran bergaya Islam yang dibuat dengan cara mengukir partisi kayu besar disertai pola geometris yang rumit. Menurut tradisi Islam, tujuan adanya mashrabiya untuk menyembunyikan wanita dari para pengunjung pria yang ingin mengintip ke dalam.

Yang tak kalah menarik dari arsitektur maroko ialah dindingnya yang dibuat unik. Tanah yang dicetak dan dijemur di bawah sinar matahari sampai kering menjadi material dinding pada bangunan asli gaya maroko. Setelah dinding kering, akan mengeluarkan warna cokelat, abu-abu, hijau, oranye, putih, biru, dan sedikit merah. Semua pewarnaan dilakukan secara alami dari pohon dan batu yang berada di sekitar alam Maroko. Tak jarang untuk menghiasi dindingnya dipakai material marmer. Pada penataan aslinya, dinding hunian bertema maroko selalu menggunakan teknik plesteran tadelakt (lapisan mineral yang memiliki kualitas penyegelan yang sangat popular di fitur air) lalu dicat dengan putih telur agar dinding kokoh.

Baca juga :  Gaya Industrial Penuh Nilai Esensial
Source : Unsplash/Alex Azabache (Area terbuka pada rumah bergaya maroko disebut riad yang merupakan jantung hunian)

Ada satu bagian penting yang harus ada pada rumah bergaya maroko yakni riad. Riad merupakan tempat atau area terbuka yang terletak di bagian tengah dan dijadikan jantung dari hunian. Umumnya area ini diisi tanaman lebat, lalu ada kolam atau air mancur sebagai penambah kesan teduh. Ciri khas lain ada pada lampu-lampu khas Maroko. Lampu itu memiliki penutup terbuat dari besi, kaca, atau manik-manik yang dapat membuat cahayanya menjadi sedikit redup serta lembut.

Konsep arsitektur yang juga dikenal dengan nama moroccan style ini diketahui memiliki sentuhan aroma rempah di setiap sudut ruangannya. Aroma yang biasa dipakai seperti cinnamon, nutmeg, dan saffron. Biasanya digunakan lilin aroma terapi, diffuser, atau incense untuk menyebarkan wewangian tersebut.

Rumah bergaya maroko memiliki ciri khas yang jelas dan tidak neko-neko. Risiko dari membangun hunian berarsitektur maroko, selain besarnya saldo, adalah akan menimbulkan mulut yang melongo. Nilai estetiknya pada tingkat turbo dan sangat cocok menjadi tempat berswafoto. Bisa dikatakan kalau arsitektur maroko itu numero uno. Ornamennya sangat cantik, furnitur khas Arab nan unik, dilengkapi dengan pengaruh Islam yang ciamik.

 

4 pemikiran pada “Gaya Arsitektur Maroko yang Numero Uno

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *