GaleriSemua Artikel

Bangunan Kolonial, Megah dan Kokoh Hingga Sekarang

Source : joglowisata.com

Pada masa penjajahan Belanda, Indonesia mengalami pengaruh Occidental (Barat) dalam berbagai segi kehidupan termasuk dalam tata kota dan bangunan. Para pengelola kota dan Arsitek Belanda banyak menerapkan konsep lokal atau tradisional Belanda di dalam sebuah pembangunan tatanan kota dan permukiman.

Adanya pencampuran budaya membuat arsitketur kolonial di Indonesia menjadi budaya baru yang unik. Arsitektur kolonial dibangun padda tahun 1600 – 1942 yaitu 350 tahun penjajahan Belanda di Indonesia. Meski banyak mengalami renovasi, tapi masyarakat tetap mempertahankan ciri khas dari bangunan tersebut bahkan diwariskan sebagai cagar budaya yang harus dilestarikan.

Museum Fatahillah, Jakarta

Source : wisatabagus.com (Gedung yang dibangun pada tahun 1707 – 1710 pada awalnya digunakan sebagai Balai Kota)

Gedung Sate, Bandung

Source : limawaktu.com (Gedung Sate berfungsi sebagai kantor gubernur Jawa Barat dan menjadi landmark di Kota Bandung. Gedung Sate dulunya bernama Gouvernements Bedrijven (GB) yang dibangun pada tahun 1920)

Kantor Pos Besar, Medan

Source : cagarbudaya.kemedikbud.go.id (Kantor Pos Besar menjadi ikon di Kota Medan yang berdiri pada tahun 1911)

Gedung Arsip Nasional, Jakarta

Source : Jakarta-tourism.go.id (Gedung Arsip Nasional ini merupakan bekas kediaman gubernur jenderal VOC Reinier de Klerk yang dibangun pada abad ke-18. Pada akhirnya setelah Indonesia merdeka, bangunan ini dijadikan sebagai Gedung Arsip Nasional)

Lawang Sewu, Semarang

Source : cagarbudaya.kemdikbud.go.id (Dengan gaya arsitektur Indische Empire, Lawang Sewu dibangun pada tahun 1904 yang merupakan cikal bakal perkeretaapian di Indonesia)

Villa Isola, Bandung

Source : bandungtempodulu.blogspot.com (Arsitektur kolonial yang dibangun pada 1933 memiliki desain bercampur antara unsur budaya barat dan timur. Villa Isola masuk ke dalam ruang lingkup Universitas Pendidikan Indonesia)

Bank Indonesia, Yogyakarta

Source : yogya-backpacker.com (Gedung Bank Indonesia yang berada di Yogyakarta merupakan kantor cabang ke -8 di Nusantara yang diresmikan pada April 1879)

Gereja Katedral, Jakarta

Source : jodohkristen.com (Gereja yang dibangun dengan gaya arsitektur neo-gotik ini diresmikan pada tahun 1901)

London Sumatera, Medan

Source : viva.co.id (Gedung pertama yang menggunakan teknologi lift di Medan dan digunakan sejak tahun 1910)

Istana Bogor, Bogor

Source : nasional.okezone.com (Istana Buitenzorg atau Istana Bogor ini ada dari tahun 1744 yang telah menjadi kediaman resmi dari 38 gubernur jenderal Hindia Belanda dan satu jenderal Inggris)

Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria, Surabaya

Source : katoliknews.com (Gereja ini memiliki ciri utama yaitu rose window di setiap sisinya dan memiliki fungsi yang berbeda. Merupakan gereja tertua di Surabaya yang didirikan pada 1899)

Hotel Majapahit, Surabaya

Source : cagarbudaya.kemdikbud.go.id (Bangunan hotel yang terletak Jalan Tunjungan Nomor 65, Surabaya ini dirancang oleh Regent Alfred John Bidwell dengan memadukan gaya Art Nouveau dan Art Deco)
Baca juga :  Peninggalan Belanda untuk Malang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *