ReviewSemua Artikel

Dibuat Tergila-gila oleh Desain Motel Mexicola

Source : foodioz.com (Motel Mexicola di Bali tampilkan kafe gaya Meksiko)

Coba Sobat Ars tebak, pulau di Indonesia yang menjadi tempat wisata favorit ada di mana? Yup, Bali! Destinasi wisata di pulau Bali sangatlah melimpah. Pantai yang indah dengan nuansa meriah misalnya. Bali cukup terkenal dengan kecantikan pantainya bukan? Namun tak hanya pantai, banyak wisatawan menyukai beragam tempat wisata lain di Bali. Wisatawan yang berkunjung ke Bali tidak berasal dari dalam negeri saja, melainkan banyak diisi oleh turis asing.

Salah satu dari ragam tempat wisata di Bali adalah kafe. Kebanyakan kafe di Bali didesain dengan unik. Dari banyaknya kafe berkonsep menarik itu, ada satu yang saya rasa sangat berbeda ‘bentukannya’. Apakah dulu Sobat Ars pernah menonton tayangan telenovela Meksiko di televisi? Kafe ini dibangun dengan suasana seperti itu. Lebih jelasnya lagi, kafe ini bernama Motel Mexicola. Dari namanya saja sudah tahu ‘kan desain seperti apa yang dijadikan konsep utamanya?

Jangan dulu terpancing dengan embel-embel motel di nama depannya. Tempat ini bukan motel melainkan kafe. Dengan menyantumkan Mexicola sebagai nama belakangnya, sudah jelas kalau desain bangunan ini mengusung tema Meksiko. Meksiko dikenal memiliki budaya unik, desain bangunan interiornya tradisional nan menarik, serta elemen corak yang cantik. Gaya arsitektur ala Meksiko yang masih terdapat kesan tradisional berasal dari Spanyol dengan nuansa Mediteranian. Untuk menyicipi bangunan khas Meksiko, Sobat Ars tidak perlu jauh-jauh karena di Bali sudah disediakan tempatnya.

Source : smudeeats.com (Tampak depan dari Motel Mexicola)

Jalan Kayu Jati Nomor 9X, Seminyak, Kerobokan Kelod, Kuta Utara, Bali jadi lokasi di mana Motel Mexicola terletak. Luas bangunan mencapai 1.800 meter persegi. Bangunan yang cukup besar dengan banyak sekali warna di dalamnya membuat mata terhibur. Tak ada sisi dinding yang dibiarkan polos. Beragam warna dibiarkan bertabrakan dengan gaya khas Amerika Latin.

Baca juga :  Sejarah Gedung Batu Klenteng Sam Poo Kong

James Brown adalah pria yang ada di balik layar bangunan Motel Mexicola. Ia yang menjadi pembuat konsep desain interior kafe ini. Mengutip dari womantalk.com, majalah Gourmet Traveller pernah menulis bahwa James merupakan orang hebat yang banyak berurusan dengan proyek merias interior restoran. Karyanya meliputi Hotel Africola, Adelaide, dan Hotel Harry di Sydney.

Desain pintu masuknya dibuat melengkung dengan tambahan pintu besi yang terinspirasi dari beach resort di Acapulco pada tahun 1960-an. Jika dilihat dari depan, bentuknya sedikit menipu lantaran tak seperti kafe pada umumnya. Di bagian depan saat memasuki Motel Mexicola akan disambut meja resepsionis warna biru lusuh. Kemudian Sobat Ars akan menemukan dinding dihiasi foto dari tokoh-tokoh Meksiko yang telah tiada. Sekelilingnya juga terdapat lelehan lilin beku warna-warni, serta vas bunga dan bingkai beragam bentuk.

Source : luxuryescapes.com (Motel Mexicola dipenuhi warna-warni bertabrakan dan corak yang banyak)

Menyebut kata ‘warna-warni’ tidaklah asing dalam desain ala Meksiko. Dekorasi bangunan khas Meksiko memang memakai warna-warna cerah yang beragam. Bagian depan Motel Mexicola saja sudah dipenuhi warna cerah yang bertabrakan. Bagian depan kebanyakan didominasi oleh warna kuning dan corak-corak dengan macam warna lain. Ada pula dinding bagian depan yang dibuat motif papan catur.

Saat memasuki ruangan bagian dalam, ciri khas gaya Meksiko semakin kuat. Segala macam motif, elemen, juga corak pada dinding, lantai, balok, meja, serta piring juga memakai konsep Meksiko. Adanya motif dengan warna yang acak kerap kali dianggap norak. Berbeda dengan gaya ala Meksiko. Motif dan pola desain yang satu ini membuatnya enak untuk dilihat. Beton, besi, juga batu bata diberi covering cat warna-warni dengan dekorasi yang detail. Ubin keramik penuh corak yang populer tahun 1930-an juga mewarnai kemeriahan Motel Mexicola. Warnanya cenderung cerah dan sering diberi motif floral.

Baca juga :  Mengingat Kenangan Batavia di Kota Tua

Setelah memasuki pintu masuk, terdapat dua arah. Jika memilih untuk ke arah kiri, Sobat Ars akan menemui area outdoor. Namun kamu juga bisa berbelok ke kanan dan memilih untuk menaiki tangga ke lantai dua. Untuk bagian kiri, terdapat beberapa meja di tanah lapang. Di tanah itu ada empat bagian restoran. Sebelah kiri tanah lapang itu juga ada bar untuk menyiapkan makanan.

Source : smudgeeats.com (Area outdoor di sebelah kiri setelah memasuki pintu masuk Motel Mexicola)

Keunikan kafe ini juga detail sampai ke kamar mandi. Penanda atau sign kamar mandi tidak bergambar wanita atau laki-laki, tetapi buah-buahan. Toilet perempuan diberi tanda buah pepaya yang sudah di belah. Sedangkan toilet pria diberi gambar pisang. Sign itu dimaksudkan seperti alat kelamin.

Tidak hanya memperhatikan desain interiornya, kafe yang ada sejak tahun 2013 juga menjaga sirkulasi udaranya. Hal itu dilihat dari atapnya yang dibuat dengan model atap pelana. Desain atap pelana dipilih karena menyesuaikan cuaca di Bali yang panas. Bagian plafonnya dibiarkan terekspos. Selain menambah nilai estetika, membiarkan plafonnya terbuka dapat menghasilkan efek ruangan terlihat lebih luas.

Source : Instagram.com/zippyzipeng (Di Motel Mexicola, plafon dibiarkan terbuka yang menghasilkan ruangan tampak lebih luas)

Selain dihiasi oleh desain yang membara, menu makanannya juga menggugah selera. Makanan di kafe ini juga dibuat ala Meksiko yang dibuat oleh chef asal Inggris, Steven Skelly. Sobat Ars dapat menemukan makanan khas Meksiko mulai dari makanan ringan hingga berat. Minuman juga banyak macamnya baik itu beralkohol dan non-alkohol. Salah satu yang paling banyak diincar adalah tequila, minumas alkohol khas Meksiko.

Makanan yang rasanya luar biasa ditemani ruangan dengan gaya Meksiko yang mendominasi nuansa. Datang di siang hari dapat menimbulkan rasa bersafari di antara warna-warni. Motel Mexicola juga dapat mencuri hati jika berkunjung di malam hari. Jangan lupa reservasi terlebih dahulu agar mendapat tempat untuk bersenda gurau.

12 pemikiran pada “Dibuat Tergila-gila oleh Desain Motel Mexicola

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *