Semua ArtikelTips dan Trik

Percantik Jendela dengan Gorden Supaya Keren

Source : unsplash/Kumar Vivek

Tampil estetik tidak perlu dengan hal yang terlalu nyentrik. Terlebih lagi ingin tampilan rumah yang keren dan cantik, tidak perlu susah payah lagi. Mainkan peran gorden secara maksimal maka semua hal di atas bisa Sobat Ars peroleh.

Setelah beberapa waktu lalu kami sudah membahas tentang jendela, kurang lengkap rasanya jika tidak membahas pasangan sejati dari jendela, yaitu gorden. Sama halnya dengan sofa, gorden menjadi salah satu interior yang bisa dikatakan wajib dalam rumah.

Gorden sendiri merupakan sebuah tirai dengan fungsi untuk menutup bagian jendela yang bisa diekspos dari luar. Selain itu penggunaan gorden juga untuk mencegah debu dari luar agar tidak masuk. Pengaturan cahaya yang masuk dari luar juga bisa kita atur dengan adanya gorden.

Namun dengan seiring berkembangannya konsep hunian, gorden sudah tidak hanya dipandang sebagai interior pelengkap. Hal ini bisa kita lihat dari pembagian gorden, yaitu gorden dekoratif dan full-operate. Gorden dekoratif tidak harus bisa dibuka dan ditutup, karena fungsi utamanya sebagai interior dekoratif. Sedangkan gorden full-operate fungsinya untuk memberikan privasi, penghalang cahaya dan debu yang masuk melalui jendela. Tetapi tidak menutup kemungkinan juga jenis full-operate ini merangkap sebagai gorden dekoratif.

Memilih gorden bukan hal yang mudah loh Sobat Ars. Terlebih bagi hunian minimalis, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar gorden yang hendak dibeli cocok dan serasi dengan hunian Sobat Ars. Apa saja sih hal – hal yang harus diperhatikan dalam memilih gorden? Simak tips berikut ini ya.

Baca juga :  Gemerincing Cara Jaga Wallpaper Dinding

Model Gorden

Hal wajib yang harus Sobat Ars perhatikan dari gorden adalah modelnya. Model gorden saat ini sangatlah beragam, hal ini membuat Sobat Ars harus sedikit mengenal macam – macam jenis gorden. Bagi yang penasaran ada apa saja model – model gorden dan perbedaanya, tunggu di artikel berikutnya ya.

Source : Polly Wreford (Beberapa model gorden yang cocok untuk hunia minimalis)

Cukup sederhana sebenarnya pemilihan gorden berdasarkan modelnya. Terlebih lagi jika hunian Sobat Ars adalah minimalis, pemilihan jenis gorden seperti inverted pleat atau riple fold cukup cocok. Bentuk yang tidak terlalu menonjol dan minim aksen membuat kesan simpel makin terasa. Bagi Sobat Ars yang lebih suka nuansa mewah dan klasik, pemilihan model gorden semi Spanyol sangat direkomendasikan.

Source : walapergordyn.com (Salah satu jenis model untuk hunian non minimalis, yaitu model gorden semi Spanyol)

Seuaikan Dengan Tema

Setelah bisa menentukan model gorden apa yang hendak Sobat Ars pilih. Hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah keselarasan tema gorden dengan ruangan atau jendela. Gorden yang tidak selaras dengan ruangan justru akan menimbulkan kesan tidak seimbang.

Source : unsplash/Hutomo Abrianto (Penyelarasan tema/konsep menimbulkan kesan rapi dan seimbang)

Sobat Ars bisa menyelaraskan motif atau warna gorden dengan hal di sekitar ruangan. Semisal cat dinding, motif dan warna sarung bantal, kasur, sofa, atau hal lainnya. Selain menimbulkan kesan rapi, penyelarasan tema akan menyeimbangkan suasana dalam ruangan. Tidak akan ada hal yang terlalu mononjol, sehingga kesan yang hendak dibangun terasa pada semua interior di dalam ruangan tersebut.

Baca juga :  Kedap Suara dalam Ruangan, Ciptakan Rasa Kerasan

Bahan

Setelah mempertimbangkan dari segi visual, saatnya untuk mempertimbangkan aspek lainnya. Bahan dari gorden turut ambil andil dalam penyempurnaan fungsi dari gorden itu sendiri. Jika dalam ruangan terlalu banyak menerima sinar matahari dari luar di karena bahan kaca jendela yang tipis, maka pemilihan bahan gorden yang berkain tebal (blackout) akan sangat berguna. Begitu juga sebaliknya, jika kaca jendela sudah cukup tebal maka memilih gorden berbahan tipis bisa menjadi opsi lain.

Source : lazada (Gorden berbahan blackout yang cocok untuk ruangan dengan cahaya yang berlebihan)

Selain itu pemilihan bahan juga bisa ditentukan dari tingkat privasi hunian. Jika gorden digunakan pada bagian ruang depan, pemilihan bahan tipis bisa jadi opsi. Karena bahan yang tipis gorden jadi terlihat sedikit transparan dan menimbulkan kesan lain. Tetapi jika untuk ruangan dengan tingkat privasi tinggi seperti kamar, pemilihan bahan tebal menjadi yang paling cocok.

Source : unsplash/Slava (Kesan estetik akan terasa ketika gorden terkena cahaya matahari, terlebih lagi pada sore hari)

Setelah membaca beberapa tips di atas, sudah terpikirkan bukan hendak membeli gorden seperti apa untuk ruang hunian Sobat Ars. Pertimbangkan beberapa hal di atas dengan aspek lainnya yang ada pada ruangan. Permainan warna memang sangat penting. Warna yang pas dan selaras akan menimbulkan kesan rapih, nyaman, dan simpel.

2 pemikiran pada “Percantik Jendela dengan Gorden Supaya Keren

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *