ArsitekturSemua Artikel

Wujudkan Fantasi Desain Rumah Impian Kamu Hanya Dengan Smartphone

Source : ruangtekno.com

Halo Sobat Ars! Mempunyai rumah dengan desain sesuai karya kita tentu memberikan kebanggaan tersendiri bukan. Apalagi desain rumah itu cukup unik dan menarik, terlebih karena mendesain sendiri kita bisa menekan biaya sesuai dengan kantong.

Walaupun tidak terlalu mengetahui tentang arsitektur, pasti tetap memiliki rumah idaman ala Sobat Ars sendiri bukan? Tentu jika masih berhubungan dengan ukuran, bentuk, model, dan banyaknya ruangan, Sobat Ars masih bisa merancang itu sendiri.

Tetapi mungkin pernah muncul dibenak Sobat Ars, apakah desain impian ini jika diapilkasikan akan bagus? Tentu menjadi pertanyaan besar, karena desain impian Sobat Ars hanya angan – angan semata.

Sobat Ars tidak perlu khawatir, dengan kemajuan dunia teknologi semakin mempermudah semua aspek termasuk arsitektur. Hanya dengan bermodalkan smartphone sudah bisa memvisualisasikan desain impian Sobat Ars semua.

Banyak sekali aplikasi desain rumah yang tersedia di smartphone. Tentu semua itu bisa Sobat Ars gunakan dengan gratis. Berbeda dengan aplikasi di laptop atau PC yang rata – rata berbayar. Tentu ada pembeda, baik dari fitur dan sistem operasional akan lebih kompleks aplikasi yang berbayar. Tetapi jika untuk menjadi ide awal desain rumah beberapa aplikasi di smartphone sudah cukup.

Berikut Arsminimalis merekomendasikan beberapa aplikasi desain rumah yang bisa Sobat Ars coba :

  1. Planner 5D

    Aplikasi dengan ukuran 94,74 MB ini bisa Sobat Ars download gratis di Play Store. Cukup banyak yang bisa dilakukan oleh Planner 5D, fitur yang diberikan juga cukup beragam.

    Source : arsminimalis (Opsi desain yang kompleks dan fitur yang cukup banyak menjadikan Planner 5D bisa memvisualisasikan desain rumah impian Sobat Ars dengan cukup baik)

    Sobat Ars bisa mendesain rumah secara utuh di aplikasi ini, fitur seperti bagian tembok, jendela, pintu, dan furnitur lainnya tersedia di Planner 5D. Sayangnya masih ada beberapa fitur yang terkunci dan harus menjadi member terlebih dahulu agar bisa menggunakannya.

    Source : arsminimalis (Fitur – fitur pendukung dalam mendesain yang disediakan Planner 5D)
    Source : arsminimalis (Fitur 2D yang memudahkan dalam mendesain)

    Fitur 2D dan 3D juga tersedia, dengan begitu Sobat Ars akan lebih mudah dalam mendesain dan ketika sudah selesai akan bisa melihat secara 3D agar lebih realistis.

  2. Houzz Interior Design Ideas
    Source : arsminimalis (Inspirasi model bisa kita sesuaikan dengan semaunya, mulai dari budget, size, model dan lainnya)

    Berbeda dengan Planner 5D di mana bisa mendesain rumah dengan keinginan kita sendiri. Houzz Interior Design Ideas hadir dengan memberikan inspirasi desain bagi penggunanya. Model – model yang diberikan sangat beragam, Sobat Ars bisa mencari inspirasi desain dengan luas. Mulai dari model, ruangan, ukuran, bahkan sesuai dengan budget juga tersedia di Houzz Interior Design Ideas.

    Source : arsminimalis (Selain inspirasi desain ruangan, penyediaan fitur jasa arsitek dan toko kebutuhan barang rumah tersedia di Houzz Interior Design)

    Selain menyediakan inspirasi desain, Houzz Interior Design Ideas juga menyediakan banyak fitur lainnya. Mulai dari daftar jasa arsitek terdekat yang bisa kita gunakan. Bahkan fitur belanja segala keperluan arsitektur juga tersedia di Houzz Interior Design Ideas.

    Source : arsminimalis (Desain yang diberikan juga dilengkapi dengan harga setiap barang, semakin memudahkan kita dalam menyesuaikan desain dengan keuangan)
  3. Home Design 3D
    Source : arsminimalis (Berbagai macam model ruangan yang bisa kita kreasikan sepuasnya)

    Detail desain yang ditawarkan Home Design 3D merupakan yang paling bagus di antara aplikasi desain rumah lainnya. Wajar memang mengingat ukuran aplikasi ini yang cukup besar yaitu 404 MB.

     

    Source : arsminimalis (Fitur desain yang bisa digunakan sangat banyak)

    Walaupun terbilang cukup berat dibandingkan dengan aplikasi desain lainnya, fitur yang ditawarkan Home Design 3D memang sangatlah lengkap. Sobat Ars bisa mendesain rumah secara keseluruhan atau hanya satu ruangan saja.

    Menurut kami Home Design 3D sangat cocok digunakan untuk mewujudkan desain impian Sobat Ars. Hal – hal kecil dari rumah tersedia dan bisa dicoba di Home Design 3D. Sobat Ars bisa memulai desain dari awal atau memulai dengan template yang tersedia.

    Source : arsminimalis (Baik tampilan 3D maupun 2D sama – sama mudah digunakan)

Masih banya lagi sebenarnya aplikasi desain rumah yang bisa Sobat Ars coba di smartphone. Tetapi menurut kami dari sekian banyak aplikasi, ketiga aplikasi yang disebutkan tadi merupakan pilihan terbaik. Dilihat dari segi fitur, sistem pengoperasian, dan ukuran aplikasi tersebut.

Tunggu apalagi Sobat Ars, silahkan berkreasi sepuasnya. Jangan lupa hasil desainnya di-upload dan tag ke Instagram Arsminimalis ya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *