Rumah MinimalisSemua Artikel

Macam – macam Meja untuk Hunianmu

Source : dekoruma.com

Di dalam rumah, meja menjadi perabotan yang harus ada. Selain kursi, meja juga dianggap penting untuk menunjang kegiatan kita sehari – hari. Bagaimana tidak, setiap aktivitas yang kita lakukan membutuhkan setidaknya meja dan kursi. Baik untuk makan, bekerja, belajar, atau kegiatan lainnya yang membutuhkan meja sebagai pendukung.

Namun tak semua meja dapat kita gunakan dalam satu kegiatan. Misalkan meja makan tidak seharusnya digunakan sebagai meja kerja atau sebaliknya. Nah, kali ini Arsminimalis akan mengenalkan Sobat Ars tentang jenis – jenis meja yang ada di dalam rumah.

  1. Meja Makan

    Meja makan umumnya memiliki dimensi yang lebih besar dibandingkan meja – meja lainnya. Bentuk meja makan bisa segi empat, lingkaran, ataupun oval. Materialnya pun beraneka ragam. Ada yang menggunakan bahan kayu, metal, kaca, hingga marmer. Karena ukurannya yang besar dan telihat mencolok, pilihlah meja makan sesuai dengan tema ruangan dan pastikan dimensi ruangan cukup untuk menampung meja tersebut. Juga agar tidak terlalu besar, sesuaikan dengan jumlah penghuni di dalam rumah.

    Source : dekorasirumahjati.com (Meja makan dengan bentuk bunda berbahan kayu)
  2. Coffee Table

    Coffee table atau biasa disebut juga cocktail table memang awalnya dibuat untuk meletakkan kopi atau minuman lainnya di atas meja, sesuai namanya. Namun seiring berjalannya waktu, penggunaan coffee table semakin umum digunakan untuk menemani sofa dan kursi di teras, ruang tamu, atau ruang keluarga. Secara fisik, tinggi meja ini sekitar 35 – 40 cm. Memang jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan meja lainnya. Materialnya pun beragam, tapi biasanya terbuat dari kayu, kaca, dan stainless steel. Jenis coffee table ini akan terlihat lebih menawan bila disandingkan dengan sofa minimalis dan kursi berdesain senada. Misalnya, coffee table kayu coklat muda disanding sofa ala Skandinavia dengan earthy tone.

    Source : thatscandinavianfeeling.com (Coffe table jika disandingkan dengan sofa minimalis akan terlihat semakin cantik)
  3. Meja Sudut

    Meja sudut atau end table merupakan sebuah meja berukuran kecil yang biasanya diletakkan di samping kursi, sofa, dan tempat tidur. Meja sudut biasanya tidak diperuntukkan untuk beraktivitas di atasnya. Meja ini lebih memiliki fungsi untuk meletakkan barang atau dekorasi rumah seperti lampu, vas bunga, bingkai foto, dan dekorasi lainnya. Bentuknya bermacam – macam, ada yang segi empat dan bundar. Namun yang pasti, meja sudut harus memiliki ketinggian antara 85 – 95 cm.

    Source : redsun.co.id (Meja sudut biasanya digunakan untuk meletakkan barang atau vas bunga yang berada di samping sofa atau kursi)
  4. Meja Konsul

    Meja yang biasanya berada di area foyer, ruang keluarga, dan di sudut – sudut ruangan lainnya. Fungsinya untuk dekorasi dan estetika ruangan. Meja konsul juga ada yang dilengkapi dengan laci untuk menyimpan barang – barang kecil. Ketinggian meja ini mirip dengan meja makan tetapi memiliki lebar penampang yang jauh lebih kecil. Meja konsul biasanya digunakan untuk meletakkan dekorasi seperti bingkai foto, vas bunga, dan berbagai dekorasi lainnya, sama seperti meja sudut.

    Source : jeparaheritage.id (Meja konsul biasanya diletakkan di area foyer)
  5. Meja Bar

    Pada mulanya meja bar memang lebih digunakan untuk diletakkan di bar atau restoran. Namun saat ini hunian memiliki dapur bersih atau dapur kering. Sehinnga keberadaan meja bar juga bisa digunakan di dalam rumah. Dengan ketinggian sekitar 100 cm dan lebar 40 – 50 cm, meja bar lebih tinggi daripada meja lainnya. Pasangan dari meja bar yaitu kursi bar yang tingginya juga lebih dari kursi yang lainnya. Meja bar juga cocok menjadi standing table untuk berbagai aktivitas karena ketinggiannya yang sesuai.

    Source : insinyurbangunan.com (Meja bar lebih tinggi daripada meja lainnya)

Nah, Sobat Ars yang ingin mencari atau membeli meja dengan desain yang bagus tapi harganya murah? Tenang saja. IKEA hadir  menjadi solusi untuk Sobat Ars. IKEA menciptakan kualitas dengan harga terjangkau bagi para pelanggannya. “Menciptakan kehidupan sehari – hari yang lebih baik bagi banyak orang” itulah visi dari IKEA.

IKEA mengaku bahwa produk yang ia keluarkan tidak perlu menggunakan sekrup atau logam berat lainnya, karena dalam produk tersebut memiliki pelengkap yang sudah terpasang. Jadi Sobat Ars hanya perlu menekan bagian – bagiannya dan perabotan siap pakai.

Source : ikea.co.id (Satu set meja makan dapat dibeli di IKEA)

Meja yang kamu cari bisa ditemukan di IKEA. Selain harganya yang terjangkau, desainnya modern, pemasangannya gampang pula. Tidak hanya meja, furnitur lainnya juga disediakan di IKEA. Tunggu apalagi? Belanja di IKEA sekarang!

Baca juga :  Rawat Lemari Kayu Agar Tak Cepat Layu

4 pemikiran pada “Macam – macam Meja untuk Hunianmu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *