Semua ArtikelTips dan Trik

Kenali Bata Merah Kualitas Tinggi Supaya Tidak Rugi

Source : Sutterstock

Bata merah menjadi salah satu bahan material bangunan yang sangat penting. Fungsinya membuat banyak produsen bata merah berlomba – lomba memberikan kualitas terbaiknya.

Dalam penelitian dari Hakas Prayuda, Endra Aji S, dan Fadillawaty Saleh menyebutkan bahwa bata merah merupakan bahan bangunan berbentuk prisma segi empat panjang. Lalu ada bagian yang pejal (berlubang) dengan volume maksimum 15%. Bahannya terbuat dari tanah liat kemudian dibakar pada suhu tertentu, umumnya 500°C.

Berbeda dengan batu batako, bata merah dalam penggunaannya jarang untuk diekspos. Bentuknya kurang cantik, warna dan ukurannya tidak sama persis, serta permukaannya yang kasar menjadi alasan bata merah jarang diekspos sebagai pendukung visual rumah. Hal itu bukan tanpa sebab, umunya pembuatan bata merah masih secara tradisional. Sehingga baik ukuran, warrna, dan bentuk kadang masih berbeda satu sama lain.

Source : ariwijaya.com (Proses pembakaran bata merah secara tradisional)

Dibalik kekurangannya tersebut, bata merah nyatanya masih menjadi prioritas utama jika ingin mencari kekuatan pada bangunan. Selain itu ketahan lebih terhadap api menjadi salah satu alasan bata merah menjadi pilihan utama sebagai bahan material rumah.

Namun tidak semua bata merah memiliki kualitas yang bagus. Terlebih lagi jika dibeli dari produsen yang belum terkenal, Sobat Ars harus pintar – pintar dalam memilih bata merah berkualitas.

Sebelum masuk ke tips memilih bata merah dengan kualitas super, terlebih dahulu Sobat Ars harus mengetahui syarat apa saja yang harus dipenuhi bata merah agar bisa dikatakan baik. Mengacu dari SII-0021-78 : PUBI – 1982 dan NI -10 – 1978 yang kami kutip dari jurnal karya Dian Rifany Kurniaty menyebutkan bahwa syarat bata merah dikatakan baik meliputi :

  • Batu bata harus berbentuk prisma segi empat panjang, bersudut siku – siku dan tajam, permukaan yang rata tidak retak.
  • Batu bata mempunya ukuran standar, yaitu modul M-5a (T.65 x L.90 x P.190 mm), modul M-5b (T.65 x L.140 x P.190 mm), modul M-6 (T.55 x l.110 x P.230 mm).
  • Batu bata memiliki standar kuat tekanan berdasarkan kelas 25, 50, 100, 150, 200, 250.
  • Batu bata tidak memiliki kadar garam lebih dari 50%.
Baca juga :  Rumah Mewah Kaya Histori di Kampung Kemasan

Saat hendak memesan bata merah, Sobat Ars bisa mengajukan pertanyaan seputar beberapa syarat di atas. Karena jika produsen memenuhi syarat maka tidak akan bingung jika ditanyai hal seperti di atas.

Namun bagaimana jika produsen tidak mengetahui tentang persyaratan di atas? Apakah sebaiknya pindah toko? Tenang, selain mengacu dari syarat resmi di atas,  masih ada beberapa cara yang bisa Sobat Ars lakukan agar mengetahui kualitas bata merah itu bagus dan layak atau tidak. Berikut tipsnya.

Source : arsminimalis

Pengujian berdasarkan visual bata merah

Dengan bermodal ketelitian dalam mengecek, kita bisa mengklasifikasikan apakah bata merah memiliki kualitas bagus atau tidak. Berikut beberapa caranya :

  • Cek retakan pada bata merahJika dari 1000 bata merah yang ada, sekitar 30%-nya mengalami keretakan pada bagian permukaannya, maka bisa disimpulkan bata merah tersebut memiliki kualitas yang cukup buruk. Sebaliknya, jika permukaan bata merah rata dan sedikit atau tidak ada retakan maka bisa disimpulkan kualitasnya bagus.
  • Ukuran bata merahWalaupun terkenal karena ukurannya tidak selaras, tetapi perbedaan ukuran bata merah yang bagus hanyalah sedikit.
  • Cek pecahan bata pada toko

    Jika pada toko yang Sobat Ars kunjungi terdapat banyak serpihan pecahan bata atau tumpukan bata yang pecah dan patah, Maka sebaiknya Sobat Ars berpindah toko, karena besar kemungkinan bata merah dari toko tersebut berkualitas buruk.

Baca juga :  Mengulas Aksesibilitas untuk Disabilitas di Indonesia yang Terbatas (Final Part)

Pengujian berdasarkan ketahanan

Untuk tips ini, Sobat Ars bisa mengambil beberapa sampel bata merah yang hendak dibeli. Pertama, ambil bata merah dan jatuhkan dari ketinggian dua meter. Lakukan hal itu sebanyak 5 – 6 kali. Jika bata merah tidak mengalami patah atau retak pada bagian tengah dan hanya terkikis dibagian ujungnya maka kualitas dari bata tersebut cukup baik. Kedua, ambil bata merah dan pecahkan (belah) pada bagian tengahnya. Jika pada bagian dalam bata berwarna merah dan merata, maka bata tersebut bagus karena sudah matang sempurna saat pembakaran.

Tes suara bata merah

Bata merah yang memiliki kekuatan tekanan baik akan memberikan suara nyaring saat diketuk. Sobat Ars bisa melakukan tes dengan menggesekkan bata merah dengan potongan besi. Jika suara yang dihasilkan nyaring maka kualitas bata tersebut baik.

Itulah beberapa tips yang bisa Sobat Ars gunakan dalam memilih bata merah berkualitas. Selain visual yang menarik, ketahanan bangunan juga harus diperhatikan matang – matang. Jangan sampai rumah dengan tampilan yang unik dan menarik justru tidak memiliki tingkat keamanan yang standar.

2 pemikiran pada “Kenali Bata Merah Kualitas Tinggi Supaya Tidak Rugi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *