GaleriSemua Artikel

Malang Tempo Doeloe, Masih kah Terkenang?

Source : ngalam.co

Seperti kota lainnya pada masa penjajahan, Malang juga tak luput dari serbuan penjajah, khususnya Belanda. Saat Belanda berkuasa, Malang menjadi salah satu kota yang dijadikan markas. Banyak sekali bangunan yang didirikan oleh Belanda waktu itu.

Malang tempo doeloe memang memiliki keunikan tersendiri. Tatanan kota yang bersanding antara budaya Belanda dan lokal menjadi pemandangan yang menarik. Bahkan dari penelitian Handinoto menyebutkan bahwa Malang menjadi perencanaan kota terbaik di Hindia Belanda pada saat itu.

Source : antoniuscp.files.wordpress.com (Alun – alun Kota Malang yang saat itu hanya sebuah hamparan lapangan luas dengan pohon – pohon besar di sekitarnya)
Source : antoniuscp.files.wordpress.com (Gereja Kayu Tangan merupakan gereja tertua di Kota Malang)
Source : boombastis.com (Rumah Sakit Lavalette, salah satu bangunan fasilitas umum yang dibangun oleh Belanda)
Source : KAI (Stasiun Kota Lama menjadi stasiun tertua di Malang dan salah satu stasiun tertua di Indonesia)
Source : jonosbrothers.files.wordpress.com (Jalan Idjen pada saat Belanda masih berkuasa)
Source : ngalam.co (Kampung Pecinan yang menjadi pusat ekonomi Malang saat itu)

Lalu bagaimana dengan saat ini? apakah Malang tempo doeloe masih terkenang di masyarakat Malang? Masihkah terawat dan disayang? Apakah sudah dilupakan dan terbuang?

Semua tempat di atas tadi masih bisa kita jumpai di Malang. Dengan pemandangan yang penuh kenangan, bangunan lama masih dirawat bahkan menjadi ikon kota Malang.

Baca juga :  Peninggalan Belanda untuk Malang
Source : Twitter/@albertazumbi (Jika dulu hanya  tanah lapang, sekarang alun – alun menjadi destinasi wajib yang harus dikunjungi jika singgah di Malang)
Source : Jawapos.com/Fisca Tanjung (Walaupun beberapa kali mengalami renovasi, keaslian dan nuansa tempo doeloe masih terasa pada Gereja Kayu Tangan)
Source : softwarers1.blogspot.com (Rumah Sakit Lavalette menjadi salah satu rumah sakit tertua di Malang dan masih beroperasi sampai saat ini)
Source : nasional.okezone.com (Walaupun sudah memiliki stasiun baru, Stasiun Kota Lama masih beroperasi dan terawat hingga detik ini, nilai histori yang panjang masih bisa kamu susuri di sini)
Source : malangtimes.com (Kawasan paling populer saat ini, tatanan yang rapih dan bersih menjadikan Idjen tempat dengan sejarah dan paling terawat saat ini)
Source : ikromzain.com (Masih menjadi salah satu penampung perekonomian warga, Kampung Pecinan atau lebih dikenal dengan pasar besar masih menyuguhkan beberapa bangunan dengan nuansa tempo doeloe)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *