ReviewSemua Artikel

Mengintip Rumah Multikultural di Kota Medan

Source : tjongafiemansion.org

Indonesia memiliki kota – kota yang tumbuh dengan keunikan dan sejarah masa lalu yang mengesankan. Salah satu kota yang memiliki banyak sejarah dan tumbuh dengan corak budaya multikultural adalah Medan.

Salah satu yang mencerminkan bahwa Medan merupakan kota dengan tingkat toleransi tinggi dalam menghargai perbedaan adalah rumah Tjong A Fie dengan sejarahnya. Bukan hanya kejayaan dari Tjong A Fie sendiri, tetapi perkembangan Kota Medan juga tersimpan manis di rumah yang sudah berumur 120 tahun ini.

Seperti namanya, bangunan ini merupakan rumah dari Tjong A Fie, seorang saudagar yang sukses di Medan Kala itu. Rumah yang dibangun dari tahun 1895 – 1900 ini terletak di Jalan Ahmad Yani no. 105 Medan, Kelurahan Kesawan, Kecamatan Medan Barat. Tepatnya di sebelah utara dari Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara.

Gaya arsitektur campuran budaya Tiongkok, Eropa, dan Melayu berpadu membentuk harmoni baru yang sedap untuk dilihat mata. Terlebih lagi penerapannya yang sangat elegan memberi nilai tambahan lain. Atas keunikan dan sejarah yang ada, pada 2009 lalu rumah Tjong A Fie resmi menjadi cagar budaya Medan dan dibuka untuk umum.

Source : tempo.co (Gerbang rumah Tjong A Fie dengan nuansa Tiongkok yang kental)

Saat pertama kali datang, Sobat Ars akan disambut sebuah gerbang dengan atap mungil khas Tiongkok. Terlihat dua patung singa yang mengisi bagian kanan dan kiri dari pintu gerbang tersebut. Nuansa Tiongkok dari gerbang tersebut memang sangat lekat, terlebih lagi ukiran – ukiran yang ada merupakan corak khas budaya Tiongkok.

Baca juga :  Love at The First Sight dengan Fasad

Setelah melewati gerbang, Sobat Ars akan disambut dengan pelataran yang cukup luas dengan penataan taman ala Belanda. Perlu Sobat Ars ketahui, rumah Tjong A Fie sangatlah besar, total ruangan yang ada sebanyak 35 ruangan.

Masuk kebagian dalam, Sobat Ars akan disuguhi rumah dua lantai dengan corak yang beragam. Saat awal masuk saja Sobat Ars akan langsung disuguhi dengan foto – foto Tjong A Fie dan keluarganya di masa lalu pada bagian dinding rumah. Selain foto Tjong A Fie  dengan keluarga, foto – foto dengan penguasa Belanda hingga bangunan Bank Kesawan juga terpampang rapi di sini.

Source : dolanae.com (Salah satu ruang tamu dengan nuansa Melayu)

Saat menyusuri lantai satu, Sobat Ars akan disuguhi banyak ruangan. Tetapi yang paling menarik adalah pada bagian ruang tamu. Di mana pada rumah ini setiap ruang tamu memiliki gaya arsitektur berbeda, menyesuaikan dengan kebangsaan tamu yang datang. Ada ruang tamu dengan gaya arsitektur khas Eropa, Tiongkok, bahkan Melayu juga nampak pada salah satu ruang tamu.

Baca juga :  Rumah Botol Jadi Tempat Hunian Cap Jempol

Setelah menyusuri beberapa ruangan dari pintu utama tadi, Sobat Ars akan tiba  pada ruangan terbuka di bagian tengah. Di mana pada ruangan ini bisa melihat lantai dua dan sisi belakang dari rumah Tjong A Fie.

Source : nonikhairani.com (Ruang terbuka yang menghubungkan lantai satu dengan lantai dua)

Menaiki tangga menuju lantai dua, Sobat Ars akan langsung disambut dengan sebuah ruangan yang amat luas. Ruangan ini dipergunakan oleh Tjong A Fie untuk mengadakan pesta. Berbeda dengan desain pada ruangan lain. Desain ada ruangan ini selain menggunakan interior khas Tiongkok, juga dipadukan dengan nuansa arsitektur Melayu dan Eropa. Sensasi keberagaman budaya akan sangat terasa pada ruangan ini.

Source : cagarbudaya.kemdikbud.go.id (Ruangan terbesar yang dijadikan tempat pesta oleh Tjong A Fie)

Ruangan lain yang akan Sobat Ars kunjungi adalah kamar tidur dari Tjong A Fie. Nuansa klasik sangat terasa pada bagian kamar miliki Tjong A Fie. Pada bagian tempat tidur nampak sebuah kelambu yang menutupi. Di sisi lain terdapat beberapa meja dan kursi yang digunakan Tjong A Fie untuk bercengkrama dengan keluarganya.

Menarik bukan menjelajahi rumah tua cantik dengan sejarah menarik dan budaya yang berdampingan. Sobat Ars hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 35.000 sudah bisa mengelilingi rumah Tjong A Fie. Selain belajar, berfoto ria juga bisa Sobat Ars lakukan di sini.

Satu pemikiran pada “Mengintip Rumah Multikultural di Kota Medan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *