Semua ArtikelTips dan Trik

Bersihkan Berbagai Lantai Dengan Sesuai

Source : Unsplash/William Zhao (Lantai merupakan elemen terpenting dalam rumah)

Setelah kembali ke kampung halaman, banyak sekali kegiatan rumah yang dilakukan. Ketika di kos, malas rasanya untuk masak untuk diri sendiri. Masaknya enak sih dengan porsi kecil, tapi menyuci piring dan alat masaknya tetap banyak. Namun berbeda dengan di rumah, masak menjadi salah satu kegiatan yang seru apalagi dibantu tangan ibu. Selain memasak, tak lupa juga dengan bebersih rumah.

Ibu saya sangat strict dengan peraturan membersihkan rumah. Tempat hunian harus senantiasa bersih. Keponakan, alias cucu ibu saya, setelah bermain juga diajarkan untuk merapikan sendiri barang yang sudah berhamburan. Salah satu yang sering mengotori rumah adalah debu. Debu bisa menempel di mana saja termasuk lantai. Kalau lantai kotor sedikit, sudah sangat terasa tidak nyaman di kaki.

Lantai memang memiliki banyak macam, yang mungkin akan kita bahas pada artikel selanjutnya. Lantai menjadi bagian terpenting karena menjadi tempat pijakan kaki. Dengan banyaknya motif di setiap macamnya membuat tahap memilih lantai cukup mengasyikkan. Namun apakah Sobat Ars tahu kalau tiap jenis lantai harus dibersihkan dengan cara yang berbeda juga? Cukup riskan rasanya kalau salah menggunakan cara merawat lantai sesuai tipenya. Jika lantai rusak, Sobat Ars harus  mengganti lantai itu dengan yang baru. Kalau bisa mendapatkan motif yang sama sebenarnya tak apa mesti harus merogoh kocek, tetapi bagaimana tidak ada yang persis? Sudah membuang isi dompet, nilai estetika ikutan jadi mampet.

Maka agar mimpi buruk itu tidak terjadi pada kamu, Sobat Ars harus paham apa tipe lantai dan bagaimana cara merawatnya. Jika kamu ingin mempunyai lantai yang tidak sulit untuk dibersihkan, maka ubin keramik adalah jawaban. Kebanyakan rumah sepertinya memilih ubin keramik lantaran gampang dirawat, cukup sapu lalu dipel setiap harinya. Bagian sambungan pada lantai rumah atau nat keramik perlu disikat sesekali karena mudah kotor dan ditumbuhi jamur. Pastikan menyikat nat keramik sebulan sekali. Sobat Ars bisa membersihkan nat dengan pembersih khusus nat karena lebih mudah untuk membasmi kotoran yang menumpuk.

Baca juga :  Mari Bersama Kenali Bubungan Lima
Source : Unsplash/fran hogan (Kamar mandi ini memilih material keramik sebagai bahan untuk lantainya)

Namun harus diperhatikan, lantai ubin keramik kerap kali kusam jika sudah dipakai cukup lama. Dari tirto.id dijelaskan dua cara untuk menghilangkan kusam dari lantai jenis ini. Pertama, apabila Sobat Ars menumpahkan sesuatu ke lantai, harus segera dibersihkan. Seumpama yang tumpah adalah noda berminyak, kamu bisa membersihkan terlebih dahulu memakai sabun lalu dilanjut dengan cairan pembersih lantai. Apabila yang tumpah adalah cat, gunakan tiner kemudian dilanjut cairan pembersih lantai. Kedua, biasanya ada bagian lantai yang tertutup perabotan besar, seperti sofa, kulkas, atau lemari. Lantai akan terlihat lebih kusam di bagian yang tertutup karena tidak disapu dan dipel akibat tak dapat terjangkau. Maka yang perlu dilakukan adalah mengangkat perabot tersebut ke tempat lain terlebih dahulu lalu membersihkan bagian tertutup itu.

Sekarang lagi zaman menggunakan lantai kayu atau parket. Lantai parket solid yang terbuat dari kayu alami tidak boleh lembap karena bisa menyebabkan mudah lapuk. Maka cukup disapu dan hindari dipel. Sobat Ars bisa memilih sapu dengan bahan yang lembut atau dapat menggunakan penyedot debu untuk cara lebih praktis. Setidaknya sebulan sekali, kamu mengoleskan pengkilap kayu agar lantai parket senantiasa bersinar. Kamu tetap bisa mengepel lantai kayu tapi usahakan pelnya lembap dan tidak terlalu basah. Hindari penggunaan cairan pembersih porselen, deterjen, serta bahan pemutih untuk mengepel lantai parket.

Baca juga :  Dinding Dempet Rasa Parasit

Dikarenakan bahannya dari kayu, lantai ini rentan tergores. Jikalau kamu ingin memindahkan barang, gunakan cara diangkat, jangan digeser. Kalau tidak kuat mengangkat perabotan besar, di bagian bawahnya harus diberi lapisan karet pelindung tambahan agar saat digeser tidak mudah tergores.

Source : Unsplash/CoWomen (Ruangan yang memakai lantai parket kayu)

Ada juga lantai vinyl yang sekilas mirip lantai kayu asli. Lantai tipe ini memang lebih tahan terhadap air dibandingkan parket. Namun jangan sampai salah, tipe yang satu ini tetap harus dijauhkan dari genangan air karena bisa merusak lem yang dipakai untuk merekatkan vinyl ke lantai.

Ingin memiliki kesan mewah serta elegan pada rumah hanya melalui lantai? Maka pilihlah lantai bermaterial marmer atau granit. Agar lantai jenis ini lebih awet, kamu bisa memberikan coating. Tak hanya awet, coating juga sebagai perlindungan tambahan agar tidak mudah tergores.

Memang memberi kesan mewah, tetapi perawatannya juga terkesan susah. Pastikan tidak ada genangan air. Jika ada cairan yang tumpah ke lantai, cepat dilap agar kering. Mengapa demikian? Karena untuk menghindari adanya noda yang menempel. Sobat Ars bisa membersihkan lantai marmer dengan kain pel lembut. Gunakan pembersih lantai yang pH-nya netral dan pada bagian label menyantumkan material marmer atau granit. Jika sedang kehabisan, kamu bisa menggantinya dengan sabun cuci piring ber-pH rendah.

Source : Unsplash/Mattias Russo-Larsson (Tangga ini menggunakan lantai dari granit)

Berbagai macam lantai membuat Sobat Ars harus bisa membersihkan dengan cara yang sesuai. Jangan hanya bersantai, segera bersihkan lantai agar rumah terasa damai. Pandai-pandai memilih lantai. Pastikan selalu bersihkan lantai agar warnanya tidak mengurai.

2 pemikiran pada “Bersihkan Berbagai Lantai Dengan Sesuai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *