Semua ArtikelTips dan Trik

Kedap Suara dalam Ruangan, Ciptakan Rasa Kerasan

Source : rumah.com

Hai sobat Ars!! Ruangan yang bising mungkin saja tidak bisa membuat kamu nyaman berada di dalamnya. Bagi kamu yang menyukai ketenangan, mungkin ruangan dengan kedap suara menjadi impian. Bekerja atau belajar bisa lebih fokus tanpa gangguan suara dari luar ruangan. Mungkin juga kamu ingin menjadikan kamarmu seperti studio musik yang kedap suara.

Dari jurnal yang ditulis oleh Hedy C. Indrani dan Citra Cahyawati mengatakan dalam ruangan tertutup terdapat dua hal yang dapat mempengaruhi suara pada saat diterima oleh pengguna ruang. Suara langsung yang diterima dari sumber suaranya dan suara yang dipantulkan oleh elemen – elemen interior yang terdapat dalam ruangan itu sendiri, baik dinding, lantai, maupun plafonnya.

Kamu juga harus mengetahui faktor – faktor apa saja yang mempengaruhi kebisingan. Faktor tersbut bisa juga dari luar rumah. Daerah yang padat penduduk, rumah dekat dengan jalan raya, atau faktor dari luar lainnya. Sebelumnya Arsminimalis sudah membahas bagaimana menciptakan rumah untuk mengurangi kebisingan. Kali ini, Arsminimalis akan memberikan tips untuk ruangan agar kedap suara.

Lalu bagaimana membuat ruangan kamu jadi kedap suara? Nah ini dia tipsnya :

  1. Tutup celah di pintu atau jendela

    Meski pintu atau jendela ruangan ditutup masih ada celah yang membuat suara dari luar bisa masuk. Cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menutup celah yang ada di bawah atau atas pintu dan di jendela. Kamu bisa menggunakan door seal untuk menutup celah di pintu maupun di jendela. Selain digunakan untuk meredam suara, door seal juga bisa mencegah serangga dan kotoran masuk ke ruangan.

    Source : jendela360.com (Penggunaan door seal pada pintu untuk meredam suara)
  2. Gunakan karpet tebal atau pelapis karet di dinding

    Setelah menutup celah di pintu dan jendela, kamu juga harus memasangkan karpet atau pelapis karet pada permukaan dinding. Pastikan karpet atau pelapis karet yang digunakan ini memiliki karet atau sejenis rubber mat. Fungsi dari karpet atau pelapis karet adalah untuk meredam suara dan memperkecil jangkauan pantul yang dikeluarkan di dalam ruangan tersebut. Kamu bisa melapisi bagian dinding saja atau sampai langit – langit ruangan. Lantai pun juga harus dilapisi oleh kapet tebal ini. Agar terlihat lebih cantik, kamu bisa memasangkan karpet yang lebih indah.

    Source : inkuiri.com (Karpet yang biasa digunakan untuk meredam suara)
  3. Pasang gorden kedap suara

    Jika cara – cara tadi masih dirasa belum cukup untuk meredam suara, kamu bisa memasangkan gorden yang kedap suara. Gorden disini juga bisa berfungsi sebagai dekorasi tambahan di ruangan kamu loh.

    Source : rukita.co (Gorden yang tebal dapat mengurangi kebisingan dari luar)
  4. Manfaatkan panel akustik

    Biasanya panel akustik digunakan di studio musik. Namun kamu juga tetap bisa memasang panel akustik ini meskipun ruanganmu tidak digunakan untuk studio musik. Panel akustik sendiri memiliki banyak jenis dengan fungsinya masing – masing. Salah satunya adalah panel akustik serap untuk mengendalikan pantulan suara yang berlebihan di dalam ruangan. Kamu bisa menggunakan panel akustik ini jika mungkin sangat dibutuhkan. Apalagi jika sekitar ruangan atau rumah kamu berada di tempat ramai yang penuh kebisingan.

    Source : peredamsuara-akustik.com (Selain untuk studio musik, panel akustik juga bisa digunakan di dalam kamar)
  5. Letakkan rak atau lemari buku

    Cara yang lebih fungsional adalah dengan meletakkan rak atau lemari buku. Buku disusun dalam rak tanpa renggang atau rapat. Kamu bisa mendapatkan ruangan yang kedap suara dengan perpustakaan kecil di dalamnya. Selain itu, tampilannya jauh akan lebih cantik dengan adanya buku – buku yang tersusun rapi.

    Source : liputan6.com (Selain sebagai tempat buku, rak atau lemari buku dapat mengurangi kebisingan)

Nah, itu dia beberapa tips untuk membuat ruangan kedap suara. Tips tersebut bisa kamu terapkan di kamar atau ruangan kerja kamu. Jangan lupa, jika ingin ruangan kamu tetap terlihat cantik perhatikan pula kombinasi warnanya. Selain enak dipandang, kamu akan semakin betah di dalamnya.

Baca juga :  Perindah Rumah dengan Warna Selain Putih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *