GaleriSemua Artikel

Istiqlal, untuk Muslim Tawakal

Source : shutterstock.com

Jika Monas menjadi perlambangan ikon nasional Indonesia maka Masjid Itiqlal layak disebut sebagai masjid nasional Negara Republik Indonesia. Berdiri di atas bekas Taman Willhelmina, tepatnya di Timur Laut dari Lapangan Medan Merdeka (letak berdirinya Monas). Masjid Istiqlal dibangun pada tanggal 24 Agustus 1961 ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Presiden Republik Indonesia kala itu Ir. Soekarno.

Sama halnya dengan Monas, Masjid Istiqlal dirancang oleh arsitek bernama Friedrich Silaban. Rancangan Friedrich ini menonjolkan gaya arsitektur modern, hal ini bisa dilihat dari dinding dan lantai masjid yang berlapis marmer dan juga dihiasi ornamen geometrik dari baja.

Selain dipergunakan untuk keperluan ibadah, Masjid Istiqlal juga digunakan sebagai kantor berbagai Organisassi Islam di Indonesia. Masjid ini juga secara tidak langsung menjadi tempat wisata dan banyak dikunjungi masyarakat. Bukan hanya masyarakat muslim saja yang berkunjung, non-muslim pun banyak yang datang untuk menengok kemegahan dan keindahan bangunan masjid ini. Hal ini cukup wajar karena Istiqlal merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara, sehingga memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Baca juga :  Malang Tempo Doeloe, Masih kah Terkenang?
Source : arsitekturindonesia.org (Desain dari Masjid Istiqlal karya Friedrich Silaban)
Source : spiritnews.co.id (Friedrich dan Presiden Soekarno sedang mendiskusikan rancangan dari Masjid Istiqlal)
Source : dok. F. Silaban/arsitekturindonesia (Pembangunan dimulai dengan ditandai peletakan batu pertama oleh Presiden Soekarno pada 24 Agustus 1961)
Source : dok. F. Silaban/arsitekturindonesia (Pembangunan memakan waktu selama 17 tahun lamanya)
Source : dok. F. Silaban/arsitekturindonesia (Potret pembangunan masjid yang sudah memasuki tahap akhir)
Source : kanalkalimantan.com/net (Tepat pada tanggal 22 Februari 1978 Masjid Istiqlal diresmikan penggunaannya)
Source : Correcto.id (Setelah resmi, Istiqlal menjadi masjid terbesar di Asia Tenggara)
Source : republika.co.id (Pada awal tahun 2020 Masjid Istiqlal mendapatkan renovasi cukup besar)
Source : pu.go.id/Kementerian PUPR (Renovasi ditargetkan selesai pada pertengahan tahun, banyak sekali perubahan yang terlihat pada Masjid Istiqlal)
Source : pu.go.id/Kementerian PUPR (Renovasi ini diharapkan agar sedikit memberikan wajah baru pada Istiqlal sebagai masjid nasional Indonesia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *