Semua ArtikelTips dan Trik

Furnitur Tepat untuk Rumah yang Mantap

Jimmy-choosshoes.com

Sudah mulai bosan dengan suasana rumah yang begitu saja selama beberapa tahun terakhir? Jika iya, maka waktunya buat kamu untuk menata dan mendekorasi ulang tiap sudut ruangan. Merubah posisi perabot atau furnitur supaya terkesan ada tampilan berbeda atau membeli furnitur baru agar menambah kesan new face sekaligus menggantikan furnitur lama yang sudah usang pada rumah.

Bagi kebanyakan orang memilih furnitur adalah hal sepele, asal pas dan sesuai selera maka tidak ada keraguan untuk membeli. Padahal, memilih furnitur bukanlah perkara yang sangat mudah. Jika ingin memaksimalkan nilai yang ada pada furnitur harus menyesuaikan dengan konsep rumah, tidak boleh asal – asalan.

Bukan tidak mungkin karena pemilihan furnitur yang tidak tepat justru membuat konsep rumah unik jadi kurang enak untuk dipandang. Bahkan pemilihan furnitur yang salah juga bisa membuat rumah atau ruangan kamu serasa sempit loh.

Apalagi dengan banyaknya konsep furnitur yang dijual dipasaran membuat kamu harus berpikir matang – matang untuk menentukan pilihan. Tren rumah minimalis secara tidak langsung juga menggeser pasar furnitur. Seperti yang dikatakan Hatta Sinarta selaku Produsen Furnitur dan mantan Ketua Asosiasi Mebel dan Kerajinan Rotan Indonesia (AMKRI) yang kami kutip dari jurnal karya Tagor Sean R dan Taufik Hidayat. Ia mengungkapkan bahwa desain furnitur kontemporer akan menjadi tren dan booming di kalangan masayarakat. Hal ini mengacu dan menyesuaikan tren rumah minimalis yang sedang banyak diminati.

Baca juga :  Siapkan Rumah Sehat Agar Hidup Tepat

Bagi kamu yang hanya memandang furnitur dari segi bagus dan tidak, murah dan mahal tentu akan kesulitan bukan untuk menentukan pilihan furnitur yang tepat? Tenang saja, kali ini Arsminimalis akan berbagi tips buat kamu yang kesulitan menentukan pilihan furnitur  tepat untuk rumah minimalis kamu. Bagaimana tipsnya?

Perhatikan Skala Ruangan

Source : pixabay.com (Pemilihan ukuran meja minim menyesuaikan ukuran ruangan yang kecil)

Kiat pertama adalah perhatikan skala ruangan yang akan kamu isi dengan furnitur baru. Banyak orang yang masih menyepelekan  hal ini, mereka membeli tanpa mempertimbangkan secara rinci ukuran ruangan dengan furnitur yang dibeli. Pemilihan ukuran furnitur yang salah akan berdampak pada kesan ruangan akan terasa sempit.

Apalagi bagi konsep rumah minimalis yang menggunakan furnitur seperlunya agar menimbulkan kesan simpel, tetapi jika tidak memperhatikan hal ini maka bukan kesan simpel yang kamu dapat. Justru ruang sempit dengan furnitur berukuran besar yang merusak konsep rumah.

Selaraskan dengan Konsep Ruangan

Hal kedua yang harus dipertimbangkan sebelum memilih furnitur pilihan kamu adalah masalah konsep. Penyelarasan dengan konsep ruangan akan menentukan jenis, model, dan warna furnitur seperti apa yang cocok untuk kamu beli.

Source : cermati.com (Penyamaan konsep monokrom membuat keselarasan pada ruangan ini)

Seperti pada gambar di atas, ruangan memiliki konsep monokrom minimalis. Furnitur yang dipilih tidak menimbulkan kesan berlebihan, bagian rak dan lampu saja yang terlihat menonjol. Pada bagian tempat tidur pun menggunakan ukuran yang kecil. Bisa dilihat juga pemilihan warna yang tepat pada rak, lampu, dan sprei agar semakin memperkuat dan menyatu dengan konsep monokrom pada ruangan tersebut. Pemilihan rak daripada lemari mempertimbangkan konsep minimalis yang digunakan, jika pada gambar tersebut rak diganti dengan lemari maka konsep ruangan minimalis akan kurang terasa.

Baca juga :  Balkon Penunjang Fungsi Rumah

Pilih Material Furnitur Sesuai Kebutuhan

Bagian terpenting dalam memilih furnitur adalah jenis material apa yang digunakan. Bagian yang harus diperhatikan adalah di mana kamu akan menempatkan furnitur tersebut, untuk indoor atau outdoor. Hal ini akan berpengaruh pada pemilihan material nantinya. Jika furnitur digunakan di luar ruangan seperti taman rumah atau lainnya, pemilihan bahan bermaterial partikel board adalah pilihan tepat. Pilihan ini mempertimbangkan ketahanan dari furnitur yang akan terkena air dan sinar matahari langsung.

Source : cermati.com (Penggunaan material kayu dengan memanfaatkan serat yang ada untuk menambah kesan estetik)

Jika untuk indoor, menggunakan bahan bermaterial kayu bisa menjadi opsi lain. Terlebih lagi jika kayu yang digunakan memiliki kualitas tinggi seperti jati. Selain tahan bertahun – tahun, serat yang dimiliki kayu akan memberikan kesan estetik sendiri untuk furnitur kamu.

Sama halnya dengan unsur lain, furnitur merupakan bagian penting dalam sebuah rumah. Baik dari segi kegunaan atau hanya untuk menambah nilai esensial, pemilihan furnitur harus dengan perhitungan matang – matang. Hal – hal yang kami sebutkan di atas merupakan beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk memilih furnitur untuk rumah kamu. Selamat mencoba!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *