Semua ArtikelTips dan Trik

Tips Ruang Terbatas Terasa Lebih Luas

Source : Photo by Filios Sazeides on Unsplash (Kamar mungil dengan suasana hangat)

Beberapa waktu terakhir, di platform Twitter sempat ramai thread tentang mendekorasi kamar. Baik menggunakan jasa Arsitek maupun dengan tangan pribadi mereka masing-masing. Pengguna Twitter itu membagikan dan memaparkan cara ia merombak kamar tidurnya dari yang awalnya terlihat biasa menjadi mempesona. Sebagian merombak kamar kos, ada pula yang merombak kamarnya di rumah.

Namun kebanyakan memberikan tips dengan ukuran kamar yang cukup besar. Lalu bagaimana dengan yang memiliki ruang ukuran terbatas? Tenang, Arsminimalis yang akan memberimu tips untuk membuat kamar tidur dengan size terbatas terasa lebih luas.

Kamar tidur memang bagian terpenting dari tempat hunian. Di kamar tidur, seseorang akan melabuhkan tubuh untuk istirahat. Kemanapun berlari, tempat istirahat dari dunia luar yang paling nyaman adalah kamar tidur kita sendiri. Setiap individu pasti menginginkan kamar yang nyaman dengan desain yang memuaskan.

Dipaparkan dalam Jurnal Intra karya Burhan Leonardi Poetra dengan judul Perancangan Perabot Multifungsi untuk Ruang Huni Terbatas bahwa sekarang ada peningkatan jumlah penduduk tetapi lahan yang dimiliki itu terbatas. Dengan lahan yang mungil, dibangunlah hunian yang kecil. Rumah yang ukurannya ‘sedikit’ mengharuskan pemiliknya memiliki ruangan sempit.

Source : Photo by Joseph Greve on Unsplash (Kamar dengn ruang terbatas)

Meskipun ruangannya harus sempit, bukan berarti tidak bisa didesain secara maksimal. Untuk menghasilkan kamar yang lebih ‘efektif’, kamu bisa memaksimalkan setiap sudutnya. Sudut di sini berarti dinding. Kamu bisa menonjolkan dinding dengan memainkan warna, komposisi, skala, tekstur, bentuk, dan lain-lain.

Warna yang bisa kamu pakai pada ruangan sempit adalah dengan tone cerah. Putih ialah warna yang paling terkenal untuk memberi kesan luas. Selain memberi kesan yang luas, putih juga dapat membuat kamar menjadi lebih elegan dan mewah. Jika takut bosan dengan putih di seluruh sudut, beberapa furnitur bisa kamu berikan warna lain.

Baca juga :  Pahami dan Kenali Kayu Jati Berkualitas Tinggi

Jika kamu tidak ingin menggunakan putih, maka pilihan warna cerah atau pastel adalah jawabannya. Penggunaan warna pada perabot juga berpengaruh. Maka jangan gunakan warna furnitur yang bermacam-macam. Kamu harus membatasi pilihan warna baik untuk dinding maupun perabotan. Pembatasan itu agar ruangan lebih seimbang.

Selain memberi warna polos pada dinding, kamu bisa memberikan lukisan juga. Dinding bagian kamarmu bisa dihiasi dengan mural karena dapat memberi kesan luas. Selain menghias dengan mural, hal lain yang bisa dilakukan adalah menyusun wall art. Seperti meletakkan bingkai foto, lukisan, atau jam dengan bentuk yang unik di dinding. Wall art akan memberi kesan kamar terlihat lebih tinggi. Namun hindari memakai hiasan terlalu banyak karena dapat terlihat penuh dan sesak.

Source : Photo by Jack Cohen on Unsplash (Kamar dengan dinding polos yang dihiasi selimut garis vertikal)

Menggunakan wallpaper dinding juga bisa menjadi pilihan. Pilihlah wallpaper dengan motif garis vertikal. Hal ini bisa membuat kamar terkesan lebih tinggi. Jika kamu ingin memakai motif horizontal juga bisa, kesan yang diberikan adalah lebih panjang. Apabila memberi kesan itu pada dinding terkesan berlebihan, kamu bisa mengaplikasikan pada perabot. Seperti motif sprei atau karpet garis-garis.

Sekarang sedang trend mempunyai cermin berukuran tinggi di kamar-kamar. Ternyata penggunaan cermin di kamar yang sempit juga merupakan cara agar kamar terlihat lebih luas. Adanya kaca di ruang sempit seakan-akan membuat kamar dua kali lebih luas. Cermin berukuran panjang yang lagi hits bisa kamu dapatkan di King’s Furniture Pontianak. Contoh cermin bisa kamu lihat di sini. Ukuran, jenis dan jumlah lampu, serta warna bisa custom sesuai kemauan kamu. Pengiriman juga bisa dilakukan ke luar kota loh.

Source : Photo by Olexandr Ignatov on Unsplash (Kamar dengan jendela yang besar)

Untuk kamar tidur yang mungil, pastikan kamu memiliki jendela. Lebih besar semakin baik karena cahaya bisa masuk langsung ke ruangan. Ruangan akan terasa hangat dan luas di pagi sampai siang hari karena sinar matahari menembus ke dalam kamar. Jika tidak ada jendela, maka manfaatkan lampu. Pakailah dua atau tiga lampu lantai. Pencahayaan dari bawah ke atas membuat seolah-olah kamar lebih tinggi.

Baca juga :  Beberapa Model Taman Belakang Bikin Rumah Minimalis Jadi Lebih Manis

Apabila ukuran kamar tidur kecil, maka sebaiknya mencari perabotan yang mungil dengan fungsi melimpah. Seperti penggunaan tempat tidur lipat. Biasanya tempat tidur yang seperti itu disertai lemari dan menempel ke dinding. Untuk dapat tempat tidur lipat sesuai ukuran kamar, kamu perlu meng-custom ke toko mebel atau perabotan. Jika dirasa cara itu terlalu membuang biaya, maka cobalah alternatif lain.

Pada artikel Sofa Tepat, Duduk Nikmat, Tidur Hangat, kamu bisa menemukan tipe sofa bed. Jenis ini adalah sofa multifungsi yang bisa dipakai untuk duduk bersama tamu bahkan dapat digunakan sebagai pengganti kasur. Ukurannya pun ada yang besar dan kecil. Ada pula sofa bed yang bisa dilipat, bukankah ini bisa jadi poin hemat space?

Source : Photo by Febrian Zakaria on Unsplash (Kamar dengan headboard memanjang yang multifungsi)

Jika kamu tetap ingin memiliki kasur yang biasanya juga bisa. Triknya adalah memanjangkan bagian headboard. Bagian kepala ranjang yang dipanjangkan bisa kamu manfaatkan sebagai meja untuk kerja atau meletakkan barang-barang. Selain itu, kamu dapat membuat bagian bawah kasur sebagai rak atau laci. Dengan adanya tempat penyimpanan di bawah kasur, kamu tidak perlu lagi membeli lemari. Apalagi ukuran lemari yang besar cukup membuang tempat.

Selain pilihan trik-trik di atas, untuk menyimpan barang kamu bisa menggunakan storage box atau rak. Pastikan tempat penyimpanan berbentuk vertikal agar tidak memakan space. Selain itu, kamu bisa memilih floating table. Furnitur yang ‘melayang’ membuat kamar terlihat lebih tinggi. Penempatan floating table juga bisa di atas tempat tidur untuk meletakkan barang-barang lain.

Tidak dipungkiri, untuk memiliki kamar mungil yang efektif diperlukan otak untuk berkreasi. Tak selamanya ruangan mungil nampak kecil. Kamar tidur dengan desain yang ‘benar’ dapat membuat perubahan besar. Jangan sampai salah trik agar tidak panik.

2 pemikiran pada “Tips Ruang Terbatas Terasa Lebih Luas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *