Rumah MinimalisSemua Artikel

Rumah Bergaya American, Pilihan Kaum Mapan

Source :
bramblefurniture.com (Rumah American Style)

Desain rumah ala Amerika di Indonesia sering menjadi perbincangan. Rumah dengan bentuk american style ini merupakan gaya yang sangat klasik dan masih digandrungi oleh masyarakat modern. Terlebih jika didukung dengan desain interior dan furnitur ala american classic style, dijamin rumah kalian akan terlihat sangat mewah dan berkelas. Bahkan gaya ini banyak menjadi pilihan bagi kaum mapan perkotaan yang aktif di usia-usia produktif.

Rumah yang menggunakan konsep Amerika sering disebut dengan rumah bergaya federal.  Kata federal secara desain merujuk ke masa 1780 hingga 1820. Desain ini sering dikenal sebagai fase Amerika gaya Adam.

Pada umumnya, gaya Amerika memiliki ukuran rumah yang besar. Rumah tersebut memiliki daya tarik berupa nuansa patriotisme yang sangat kental. american style dianggap mencerminkan kemewahan dan elegan seperti gaya klasik, hanya saja lebih low maintenance dan sangat fleksibel. Artinya, interior american style mudah dipadukan dengan gaya berbeda dan justru bisa memberikan tampilan ruang yang berkarakter. Konsep ini lebih mengacu pada ciri pedesaan, alami, dan american country.

Di negara asalnya, gaya ini fokus pada satu focal point yaitu area perapian yang menjadi titik ciri khasnya. Namun pada penerapan di hunian tertentu, ciri khas lain juga ditonjolkan seperti menggunakan furniture yang besar. Penggunaan furniture yang besar memiliki tujuan untuk menimbulkan kesan ruangan  lebih mewah dan elegan. Bisa dilihat pada pemilihan bentuk kursi, meja, dan lampu gantung yang digunakan untuk ruangan tertentu. Terdapat juga beberapa sentuhan kaki ramping simetris pada kursi dan dudukan yang oversize.

Source : bramblefurniture.com (Ukuran furniture yang besar pada rumah konsep Amerika)

Bukan hanya furniture, bentuk jendela pun juga besar. Hal ini memiliki tujuan agar pencahayaan yang masuk ke dalam lebih maksimal dan menambah nilai estetika pada rumah tersebut. Selain jendelanya yang besar jumlah jendelanya juga banyak. Ciri dari american style juga terlihat dari pemilihan warna cat dinding furniture. Biasanya menggunakan warna soft dan satu tone seperti putih atau krem. Hal ini karena menyesuaikan material alami yang digunakan seperti kayu, batu, dan marmer.

Baca juga :  Open Plan, Konsep Minim Budget
Source : Home.co.id (Penerapan Warna Soft dan Satu Tone pada Rumah ala Amerika)

Tak hanya itu, ciri lainnya adalah penerapan lantai pada rumah gaya Amerika ini. Beberapa gaya lantai dalam desain ini berbentuk lurus atau simetris. Dilengkapi juga dengan motif garis vertikal pada lantai. Pemakaian motif tersebut agar memberikan kesan mewah dan hangat pada rumah itu.

Rumah ala  Amerika ini sudah banyak diterapkan di Indonesia terlebih kalangan artis papan atas. Salah satunya rumah baru Prilly Latuconsina yang sedang hangat diperbincangkan. Prilly sendiri yang mengatakan bahwa rumah baru yang ia miliki berkonsep american style. Pemaparan tersebut ada pada video vlog miliknya yang berjudul House Tour Rumah Impianku. Ia juga mengaku bahwa rumah dengan konsep ini sudah diidam-idamkan sejak lama. Rumah megah tersebut berdiri pada tanah seluas 400 meter persegi dan memiliki 4 lantai. Konsep american style pada rumah Prilly sangat tampak pada pengaplikasian warna putih dan krem, aksen ukiran rumah pada tangga serta pemilihan furniture dengan ukuran besar. Terlihat juga pada penggunaan batu bata merah pada ruangan billiard miliknya yang semakin menonjolkan kesan Amerika.

Baca juga :  Masih Ragu dengan Konsep Rumah Minimalis? Simak Ini Terlebih Dahulu!

Bukan hanya Prilly yang memiliki rumah dengan konsep Amerika, penyanyi dangdut Iis Dahlian juga memilih konsep ini dalam membangun rumah. Ia mengaku bahwa pemilihan konsep Amerika membuat hunian lebih nyaman, tenang, dan mewah. Terlihat pada pemilihan furniture besar pada kursi dan meja yang terdapat di ruang tamu miliknya. Selain itu, rumah tersebut juga menggunakan marmer pada tabletop dapur yang juga termasuk dari ciri khas rumah dengan konsep Amerika.

Ternyata rumah milik Natalie Sarah juga tampak mengusung konsep  american style  terlihat dari pagar serta dinding depan rumah yang menggunakan material kayu alami. Kesan american style juga tampak dari tidak adanya sekat antara ruang dapur dengan ruang keluarga, yang sangat mencerminkan ciri khas rumah Amerika. Pemilihan furnitur juga terlihat sangat serasi dengan warna-warna natural seperti putih dan krem. Pada kamar tidur terlihat permukaan dinding yang dilapisi panel seperti rumah khas Amerika pada umumnya.

Source : bramblefurniture.com (Rumah Natalie Sarah dengan konsep American Style)

Penerapan konsep Amerika ini dapat memberikan kesan yang sangat mewah jika diaplikasikan dengan seimbang, tidak berlebihan. Penerapan konsep tersebut juga tidak susah. Tergantung seberapa banyak ciri khas yang ditonjolkan pada rumah hunian. Jadi bagaimana? Apakah rumah dengan konsep american style ini menjadi rumah idaman kalian di masa mendatang?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *