ReviewSemua Artikel

Cosmo Park, Perumahan yang Dibangun di Atas Atap Mall

Source : ekonomi.bisnis.com

Unik, itulah kata pertama yang banyak disematkan oleh masyarakat pada perumahan di atas atap Pusat Perbelanjaan Thamrin City ini. Jika pada umumnya rumah berdiri di atas sebidang tanah, maka Cosmo Park menyajikan sensasi rumah yang berbeda.

Cosmo Park sendiri merupakan bagian dari kompleks apartemen The Jakarta Residence. Dibangun sejak tahun 2005 lalu, perumahan ini mendadak viral beberapa bulan terakhir dikalangan masyarakat setelah postingan dari salah satu orang yang memotret perumahan tersebut dari atas.

Bagamana tidak menarik perhatian, perumahan tersebut berdiri di atas sebuah gedung dengan 10 lantai. Pada perumahan tersebut juga bukan hanya berdiri sebuah bangunan, tetapi hal lain yang umum seperti perumahan biasa. Kamu bisa menemukan jalan aspal, pepohonan, mobil parkir di depan rumah, dan hal umum lainnya yang sering ditemui pada perumahan normal. Bahkan perumahan ini juga terdiri dari beberapa blok, tepatnya lima blok, yakni A1-A19, B1-B12, C1-C19, D1-D16, E1-E15, dan F1-F9.

PT Agung Podomoro Land Tbk yang membangun perumahan ini memang mengusung konsep perumahan pada umumnya, tidak ada yang dibedakan, hanya lokasinya saja memang unik. Fasilitas yang diberikan pun terbilang cukup lengkap, mulai dari lapangan tenis, kolam renang, play ground, ruang fitness, dan beberapa fasilitas lainnya.

Source : lifepal.co.id (Salah satu fasilitas yang ada pada perumahan Cosmo Park)

Dari segi keamanan, Cosmo Park juga menyediakan pelayanan 24 jam. Bahkan bagi orang yang memang tidak tinggal di sana, datang hanya untuk berkunjung harus melalui prosedur cukup panjang. Bisa dikatakan keamanan dari Cosmo Park lebih diperketat dibandingkan dengan perumahan pada umumnya. Bagi pemilik rumah di sana saja tidak diperbolehkan melakukan renovasi tanpa seizin pihak terkait. Pemilik rumah hanya diperbolehkan untuk menambah kanopi saja.

Baca juga :  Kafe Nuansa Belanda di Tengah Kota Jakarta

Perumahan ini sendiri dibangun untuk menggantikan bengkel yang sempat berdiri di sana. “Itu waktu kami ngembangin itu dulu di atas itu pertamanya tempat bengkel kayak di proyek Senen, ya kotor begitulah,” ungkap Zaldy selaku Assistant Vice President Marketing PT Agung Podomoro Land Tbk pada Kompas.com.

Selain itu alasan lain didirikannya perumahan ini adalah untuk menyediakan kebutuhan masyarakat yang ingin memiliki rumah di pusat kota namun dengan harga cukup miring. Zaldy menambahkan hal seperti itu bisa diberikan oleh Cosmo Park, lantaran letaknya yang memang sudah di tengah kota, dan karena berdiri di atas gedung pusat perbelanjaan maka harganya bisa ditekan lebih rendah.

Lalu berapa harga beli atau sewa rumah di Cosmo Park? Pada awal mula berdiri, harga jual satu rumah di Cosmo Park bisa mencapai angka kisaran 1,5 Miliar. Untuk saat ini harga jualnya sudah naik sekitar dua kali lipat. Harga sewanya sendiri berkisar di angka 25 Juta per bulan.

Source : kumparan/Davin (Desain rumah disalah satu blok di Cosmo Park)

Berdiri di atas sebuah gedung membuat beberapa pertanyaan muncul, salah satunya mengenai izin mendirikan bangunan (IMB) Cosmo Park. IMB merupakan sebuah persyaratan wajib yang diperlukan dalam mendirikan bangunan, jika tidak memiliki IMB maka tidak bisa mendirikan bangunan tersebut. Setelah kami melakukan penelusuran, perumahan Cosmo Park ini ternyata juga sudah mengantongi IMB, jadi bukan merupakan bangunan ilegal.

Baca juga :  Mengenal Fungsi Dapur, Tata Letak serta Pemilihan Warna yang Baik

Benny Agus Chandra, selaku Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PM-PTSP) DKI mengungkapkan bahwa perumahan di atas Thamrin City sudah mengantongi IMB pada tahun 2007 lalu, bahkan sudah mendapatkan sertifikasi layak fungsi (SLF) pada tahun 2010. “Itu bangunan lama, izinnya juga ada,” ujar Benny pada Tempo.co.

Lalu apakah aman jika tinggal di rumah yang berdiri di gedung 10 lantai? Banyak pro dan kontra perihal pertanyaan tersebut, hal itu juga masih belum bisa dipastikan. Penyebabnya adalah konsep perumahan di atas gedung sendiri belum diatur dalam undang – undang.

Sekretaris Komisi D Pembangunan DPRD DKI Jakarta, Pandapotan Sinaga mengatakan bahwa perumahan yang dibangun di atas sebuah gedung seperti Cosmo Park di Mall Thamrin City merupakan hal yang wajar dan sah – sah saja, selama perumahan itu sudah mengantongi IMB. Berbeda dengan Sinaga, Yayat Supriatna selaku pengamat perkotaan mengungkapkan kejanggalannya terhadap perumahan Cosmo Park. Yayat mempertanyakan bagaimana izin mendirikan bangunan (IMB) perumahan tersebut bisa keluar.

Polemik seperti itu memang masih menjadi PR bagi pemerintah DKI Jakarta, di lain sisi untuk menanggulangi minimnya lahan yang masih tersedia. Faktor keselamatan pun harus diutamakan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *