GaleriSemua Artikel

Monas yang Semakin Manis

Source : federaloil.co.id

Monumen Nasioal kebanggan tanah air yang sudah berdiri lebih dari 50 tahun ini merupakan representasi dari perjuangan rakyat kita dalam merebut kemerdekaan. Rancangan monumen ini sendiri dilakukan secara sayembara dan yang terpilih adalah desain karya dariĀ  Friedrich Silaban. Di mana pada rancangannya dianggap dapat bertahan dalam hitungan abad dan mewakili karakter bangsa Indonesia.

Bangunan dengan tinggi 132 meter ini berdiri kokoh di Ibukota DKI Jakarta. Monas sendiri digagas langsung oleh Presiden Sukarno pada tahun 1949 dengan alasan ingin menunjukkan kedaulatan Indonesia dengan sebuah bangunan, sama seperti negara lainnya. Walaupun digagas dari tahun 1949, Monas sendiri mulai tahap pembangunan pada tahun 1961.

Baca juga :  Masjid Menawan di Kota Beriman

Pembangunan Monas terbagi menjadi dua tahap, tahap pertama dilakukan mulai tahun 1961-1965. Pembangunan sempat terhenti dikarenakan kejadian G-30S/PKI, pembangunan tahap kedua dilanjutkan pada tahun 1969 hingga 1976.

Source : Dok. Adhi Karya (Peninjauan langsung dan momen peletakkan beton pertama oleh Presiden Sukarno)
Source : Dok. Adhi Karya (Pembangunan berhasil diselesaikan pada tahun 1976, semenjak saat itu Monas menjadi simbol kedaulatan Indonesia)
Source : beritabatavia.com (Walalupun masih mangkrak, harapannya proyek revitalisasi Monas semakin membuat indah dan anggun bangunan kebanggaan Indonesia ini)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *