Semua ArtikelTips dan Trik

Penggunaan Warna Abadi dalam Ruangan

Source : arsitag.com

Penggunaan warna putih sebagai dasar dinding merupakan pilihan tepat bagi rumah baru. Putih tidak hanya sekedar warna yang sangat sederhana. Namun dapat membuat penghuni rumah lebih fokus dengan berbagai ornamen yang ditata sedemikian rupa di setiap ruangan. Banyak yang kurang suka dengan warna putih ini karena dianggap lebih cepat kotor. Faktanya, warna putih dapat memberi kesan lembut dan bersih. Para ahli mengungkapkan bahwa, jika seseorang berani menggunakan warna dasar putih berarti dirinya siap bereksplorasi lebih jauh.

Dinding putih termasuk warna abadi. Tergantung dengan ornamen pendukung dalam suatu ruangan. Terlihat klasik jika dipadukan dengan benda-benda antik. Bisa juga terlihat lebih kontemporer jika disandingkan dengan benda-benda mewah yang lebih modern. Warna putih juga akan memberikan rasa hangat tergantung tone dari warna putih itu sendiri. Putih krem (creamy white), tone ini cocok untuk ruang tamu. Dengan menggunakan putih krem ruang tamu akan lebih terasa menenangkan. Jika ingin hasil yang lebih baik, berikan sedikit sentuhan warna lain. Hal ini mencegah ruang tamu berkesan terlalu dingin.

Ada juga warna putih sejuk (cool white), warna ini cocok untuk ruangan kontemporer karena akan membangun kesan modern. Warna ini juga yang mampu memberikan suasana lebih tenang dan memiliki sedikit kontras. Cocok dipadukan dengan furniture berwarna putih agar lebih berkesan aestetic. Putih lembut (soft white), hampir mirip dengan karakter putih sejuk. Mampu dipadukan dengan furniture dan jendela putih yang akan menjadikan ruangan lebih aestetic. Bahkan bisa dipadukan dengan furniture berwarna hitam agar ruangan terasa lebih hidup. Putih sejuk ini juga seperti kanvas yang mampu dipadukan dengan apapun tanpa perlu khawatir kurang serasi atau terlihat norak.

Baca juga :  Balkon Penunjang Fungsi Rumah

Selanjutnya, ada putih antik (antique white) yang cocok digunakan karena terkesan nyaman. Jika ingin memiliki ruangan yang lebih tradisional gunakan warna ini dan dipadukan dengan ornamen klasik agar kesan tradisionalnya lebih terasa. Warna ini juga cocok digunakan untuk ruang makan karena memberikan tampilan lebih dinamis.

Source ; arsitag.com

Hal lain yang menarik adalah warna putih juga memiliki tone yang berbeda-beda. Putih juga memiliki kelebihan tersendiri dari warna lainnya. Warna putih mampu memberikan kesan minimalis. Kesan minimalis timbul karena warna putih mampu memberikan kesan ketenangan. Selain kesan minimalis, putih yang dikenal sejuk ini ternyata juga dapat memberi kesan panas jika dipadukan dengan warna merah. Berbeda jika dipadukan dengan warna biru, maka akan memberikan kesan sejuk atau dingin. Penggunaan warna putih dalam ruangan juga mampu berikan kesan lebih luas pada suatu ruangan. Hal ini karena warnanya yang cerah membuat setiap sudut ruangan tidak pengap.

Selain itu, warna putih dipercaya mampu membuat perabotan terlihat lebih berkelas. Namun meski demikian, tidak bisa sembarangan pula dalam memilih perabotan. Mudahnya, cobalah gunakan perbotan yang berwarna hitam atau terbuat dari material kayu. Jika tidak menggunakan keduanya, pilihlah warna perabotan yang soft dan tidak terlalu mencolok. Dalam paragraf sebelumnya sudah dijelaskan bahwa warna putih ini seperti kanvas. Hal ini membuat para penghuni akan lebih kreatif. Penghuni dari rumah tersebut akan bereksplorasi dan akan berpikir kombinasi apa yang tepat. Begitulah karakteristik dari warna putih yang tergolong netral.

Baca juga :  Percantik Jendela dengan Gorden Supaya Keren
Source : arsitag.com

Dalam penggunaan warna putih juga perlu cara agar tidak terlihat aneh dan kurang nyaman jika dipandang. Langkah pertama, yaitu memahami suasana ruangan. Saat mendekorasi interior rumah dengan warna putih, sangat disarankan untuk memahami suasana dan bagaimana pengaruhnya terhadap pencahayaan pada suatu ruang. Caranya adalah dengan mengidentifikasi nuansa atau tone dari warna putih yang dipilih. Langkah kedua yaitu memilih perabotan yang sesuai seperti misalnya berwarna putih. Perabotan dengan tone warna putih ini tentunya harus berbeda dengan tone warna dinding seperti putih krem dan putih gading. Pemilihan tone warna yang sama akan menyebabkan ruangan menjadi tampak monoton.

Jika warna putih ini diaplikasikan pada ruang tidur, pasti akan membuat waktu istirahat jauh lebih nyaman dan nyenyak jika penerapannya tepat. Gunakan seprai dan selimut warna putih. Gunakan juga tirai putih atau warna-warna kalem. Penggunaan tirai putih membuat sinar matahari pagi masuk dengan sempurna ke dalam kamar. Selain itu gunakan juga pajangan yang berwarna gelap.

Source : elledecor.com

Setelah membaca artikel ini, coba dan buktikan dengan menerapkan pada ruangan dan kamar tidur kamu di rumah. Pasti akan lebih terlihat nyaman dan aestetic.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *