ArsitekturSemua Artikel

Desain Bohemian Pembangkit Roh Halus dan Milik Para Seniman

Source : arsitag.com

Gaya Bohemian mungkin masih terdengar asing di telinga. Gaya Bohemian adalah salah satu gaya yang memadukan budaya dan waktu berbeda. Bohemian mulai dikenal tahun 60-an dengan fitur-fitur utama dari retro atau boho-chic. Biasanya gaya seperti ini digunakan untuk membangkitkan gambaran tentang pelancong, hippie, seniman, gipsi, dan roh bebas lainnya. Menurut penjelasan Arsitag.com, istilah ini digunakan untuk menggambarkan gaya hidup non-tradisional dari orang-orang yang hidup mengembara atau gelandangan pada pertengahan tahun 1.800-an. Kemudian, istilah ini menjadi identik dengan kata “gipsi”, istilah ini diterapkan untuk mereka yang meninggalkan Bohemia di Eropa Tengah untuk melarikan diri dari aturan yang kaku. Mereka adalah kaum nomaden yang tidak suka menetap di suatu tempat dalam jangka waktu yang lama. Bohemian cenderung mengacu pada kepribadian yang bebas. Melakukan perjalanan terus menerus merupakan aspek penting dari gaya hidup Bohemian.

Source : arsitag.com

Jika kita mencari karakter yang pasti dari gaya Bohemian, jawabannya adalah tidak ada karena Bohemian hadir akibat ketidakteraturan dan ketidakpastian. Semua dibuat dengan spontan dan memanfaatkan apa saja benda yang ada. Namun, ada fitur-fitur khas pada gaya bohemian. Gaya bohemian adalah gaya yang penuh warna dan bercampur antara gaya etnik, hippies, dan juga vintage. Bohemian juga dikenal sebagai representasi dari pribadi yang individualis sehingga bebas diekspresikan sesuai dengan selera. Tak heran jika gaya seperti ini menjadi beragam.

Meski tak memiliki karakter khusus, gaya ini memiliki ciri bisa ditebak melalui perabotan yang mendukung. Pada umumnya gaya seperti ini menggunakan kain dengan motif berpola. Biasanya diaplikasikan pada bantal, karpet, gorden, dan kain pelapis lainnya. Pola, warna, dan tekstur pada karpet, kursi, dan bantal biasanya memiliki motif yang sama. Aksesoris kain berwarna kontras menjadi akesoris pelengkapnya, tidak diperlukan adanya keserasian. Selain itu biasanya Gaya Bohemian kerap mengolaborasikan benda atau furnitur yang cenderung murah. Gaya ini juga sering menggunakan barang sehari-hari sebagai salah satu dekorasi rumah, misalnya toples bekas, kardus bekas, tutup botol, paper craft, dan benda-benda lain yang dikumpulkan dan dibentuk hingga menciptakan nilai estetis yang terlihat chic dan cantik.

Baca juga :  Lima Inspirasi Hunian Mini
Source : arsitag.com

Gaya bohemian juga erat kaitannya dengan pencahayaan alami. Biasanya menggunakan jendela-jendela besar, dinding kaca, atau skylight supaya rumah memperoleh pencahayaan alami secara maksimal. Pencahayaan alami akan membuat rumah terkesan natural dan Gaya Bohemian akan tampak semakin menonjol. Untuk melengkapi pencahayaan alami rumah, tentu juga harus memilih konsep pencahayaan buatan yang tepat untuk menonjolkan kesan Bohemian. Desain Bohemian identik dengan penggunaan lampu berbentuk lentera dan kandil (tempat lilin). Jadi, jika menggunakan kedua benda tersebut di rumah kesannya akan semakin tampak. Jika bosan dengan lampu-lampu putih, permainan lampu berwarna juga bisa menjadi alternatif spesial agar jauh dari kesan monoton.

Ciri khas lainnya yang erat dengan Gaya Bohemian adalah komposisi dinding yang penuh pajangan. Biasanya menggunakan pajangan berupa lukisan, foto, dreamcatcher, dan jenis pajangan lainnya. Komposisi pajangan dinding yang tepat akan menimbulkan kesan artistik dan bisa menjadi spot unik pada rumah hunian. Selain pajangan, kesan alami pada interior bohemian bisa diaplikasikan dari penempatan tanaman dalam ruangan. Gunakan tanaman yang mudah dirawat dan efektif mengusir nyamuk. Jenis tanaman yang cocok ditempatkan di dalam ruangan antara lain sansivieria, sirih gading, palem kuning, dan peace lily.

Source: Houston Chronicle

Desain Bohemian ini juga memiliki beberapa macam. Pertama Western Boho, biasanya Bohemian macam ini menggunakan barang-barang berupa kulit antik, rumbai, kursi kupu-kupu, dan tempat tidur lantai rendah. Didukung dengan perabotan kayu yang semakin terkesan gaya western Boho  tahun 60-an semakin kuat.

Baca juga :  Kenali Lampu, Percantik Hunianmu

Yang kedua yaitu Boho Moroccan. Biasanya identik dengan lentera warna-warni, meja rendah, dan bantal lantai. Selain itu juga dipenuhi dengan peleburan pot warna, tekstur, dan pola. Selanjutnya Eastern Europian Bohemian. Eastern European Bohemia dicirikan dengan hiasan manik-manik, jumbai, dan tirai rajutan. Gaya ini memberikan kesan berantakan dan sulit diatur tapi tetap anggun. Biasanya apa pun dari alam dan apa pun yang didapatkan dari perjalanan disimpan dalam ruangan bergaya Eastern European Bohemia. Tujuannya adalah membuat ruangan mencerminkan spontanitas.

Yang terakhir adalah Modern Boho Chic,  gaya ini merupakan gabungan dari gaya boho dan chic dengan lantai kayu dicat putih, beberapa lampu peri sebagai kanopi di atas tempat tidur dan beberapa bantal bulu mewah di ujung sofa vintage. Keduanya menjadi paduan unik dan menarik.

Satu pemikiran pada “Desain Bohemian Pembangkit Roh Halus dan Milik Para Seniman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *