Rumah MinimalisSemua Artikel

Lahan Sempit dan Budget Terbatas? di Rumah Kontrainerin Aja!

Source : dekoruma.com

Rumah idaman yang nyaman dan menawan tidak harus merogoh kocek dalam – dalam bukan? Rumah bagus tidak harus berukuran besar, terlebih lagi bagi yang mempunyai budget minim. Tapi tenang saja, kamu masih bisa memiliki rumah nyaman dan menawan dengan biaya yang terbilang murah dibandingkan rumah pada umumnya. Salah satu alternatifnya adalah dengan rumah kontrainer.

Sudah cukup banyak orang yang memanfaatkan kontrainer untuk dijadikan rumah, terlebih lagi di luar negri. Untuk di Indonesia sendiri masih terbilang cukup jarang. Namun bukan masalah jika kamu menjadi salah satu yang mempopulerkan rumah kontrainer bukan?

Selain unik, banyak sekali kelebihan lain dari rumah kontrainer ini. Untuk itu, bagi kamu yang ingin punya rumah keren budget miring, kami merekomendasikan rumah kontrainer agar  menjadi salah satu pilihan. Bagi kamu yang masih ragu, berikut kami sajikan kenapa rumah kontrainer patut jadi alternatif dalam memilih rumah!

Harga Murah Jadi Keunggulan Utama

Yang menjadikan rumah kontrainer mendapat banyak peminat adalah karena harganya terbilang murah jika dibandingkan dengan harga pembuatan rumah normal. Kontrainer yang dipergunakan pun tidak harus baru, menggunakan kontrainer bekas juga masih bisa loh.

Source : greenbiz.com (kontrainer bekas yang digunakan membuat harga yang kita rogoh semakin kecil)

Untuk harga satu kontrainer berkisar di angka 20 – 60 juta rupiah. Dengan harga di bawah 100 juta rupiah kamu sudah bisa mendapatkan kontrainer sebagai bagian utama. Setelah kontrainer terbeli, kamu hanya perlu mengeluarkan uang untuk keperluan rumah kontrainer. Baik dari furnitur  dan hal lainnya, untuk perabotan bisa disesuaikan dengan kantong, jadi sudah bisa kamu perkirakan akan merogoh kocek seberapa.

Baca juga :  Beri Kesan yang Menarik Melalui Foyer

Rumah Kontrainer Ramah Lingkungan

Dari jurnal karya Usi Widyaningrum dan Loekman Mohamadi, disimpulkan bahwa rumah berbahan dasar kontrainer merupakan salah satu hunian green construction. Hal ini dikarenakan penggunaan kontrainer bekas yang sudah didaur ulang dan ramah lingkungan.


Source : design-milk.com (kontrainer bekas dan bisa didaur ulang menjadikan jenis rumah ini sangat ramah lingkungan)

Dalam jurnal tersebut juga disebutkan bahwa rumah berbahan dasar kontrainer bisa digunakan di semua tipe iklim di seluruh dunia. Hal ini mengacu pada hasil uji pada ketahanan kontrainer pada cuaca, getaran, dan kondisi alam lainnya.

Minimalis dan Hemat Lahan

Salah satu yang melambungkan rumah kontrainer adalah tren rumah minimalis yang semakin menjamur beberapa tahun terakhir. Dengan rumah kontrainer, kamu akan mempunyai sebuah rumah yang mininalis. Hal ini dikarenakan ruang yang diberikan dari rumah kontrainer tidaklah luas dan banyak seperti rumah pada umumnya.

Namun kekurangan tadi juga menjadi kelebihan dari rumah kontrainer. Penyediaan ruang yang sedikit akan membuat rumah kontrainer tidak memerlukan lahan yang luas. Tentu hal ini akan membantu kamu yang hanya mempunyai lahan kosong sedikit atau budget terbatas.

Baca juga :  SOHO, Sang Pendamping Pebisnis dan Freelancer
Source : images.adsttc.com (memanfaatkan bagian atas kontrainer yang ksosong untuk dijadikan taman)

Walaupun keterbatasan ruang, bukan berarti rumah kontrainer tidak bisa dikreasikan menjadi rumah idaman. Justru karena menggunakan kontrainer kamu bisa berkreasi dengan mudah. Setiap sudut dari rumah kontrainer bisa dimanfaatkan dengan maksimal, jadi rumah kontrainer akan menuntut kamu untuk berkreasi dengan kreatif.

Murah tapi Tahan Gempa

Keunggulan lain dari rumah kontrainer terletak pada ketahanannya. Kontrainer sendiri memang dirancang untuk membawa barang dengan ukuran besar, hal ini membuat struktur penopang pada kontrainer dibuat sangat kuat. Pada rumah konvensional jika terkena guncangan akibat gempa maka bisa mengalami retak bahkan kerobohan. Namun, pada rumah kontrainer hal itu tidak akan terjadi, rumah kontrainer hanya akan bergoyang saja ketika terkena guncangan gempa.

“Aman, malah anti retak dan gempa. Untuk guncangan gempa lebih kuat, kalau bangunan konvensional kan retak dan roboh, kalau ini cuma bergoyang saja,” ujar Nabil Yusuf, selaku Director of Marketing PT Nebil Wong Group pada kompas.com

Bisa dikatakan, rumah kontrainer adalah sebuah rumah yang bisa mewujudkan apa yang kalian mau dengan murah. Kamu bisa mengkreasikan rumah kontrainer sesuai dengan kepribadian kamu sendiri, baik elegan dengan konsep minimalis, atau simpel dengan gaya klasik.

Murah, unik, hemat lahan, dan tahan gempa. Semua itu didapat dari rumah kontrainer. Jadi tunggu apalagi, silahkan berkreasi dengan rumah kontrainer impianmu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *