Semua ArtikelTips dan Trik

Tips Memilih Ubin Kamar Mandi

Source : cekruang.com

Kamar mandi merupakan ruangan yang juga sering digunakan. Ruangan ini pun sangat penting dalam membangun rumah. Dalam setiap rumah yang berstandar sehat juga harus memiliki kamar mandi yang baik. Salah satunya adalah kamar mandi yang berbahan keramik. Teksturnya yang keras dan tidak bisa lapuk membuat keramik menjadi material yang ideal untuk dipasang di kamar mandi baik sebagai lantai maupun pelapis tembok.

Nah, dikarenakan kamar mandi selalu berhubungan dengan air maka jangan sampai salah pilih dalam menentukan ubin atau keramik yang licin. Ubin yang licin akan menciderai orang yang di dalamnya. Berikut arsminimalis akan menyuguhkan tips memilih ubin kamar mandi agar tidak licin.

  1. Perhatikan ukuran keramik

    Ukuran kamar mandi tentu juga akan mempengaruhi besar kecil keramik yang digunakan. Jika memiliki kamar mandi yang besar maka pilihlah keramik yang berukuran kecil. Perhatikan juga aliran listrik sebab akan menjadi penentu tingkat kemiringan lantai ke arah pembuangan. Unsur lainnya yang juga perlu diperhatikan adalah sinkronisasi antara layout dan besar ruangan. Kamar mandi kecil dengan keramik ukuran besar akan memberi kesan luas begitu juga dengan ukuran keramik yang dibuat memanjang secara horizontal.

    Source ; 99.co
  2. Menyusun keramik

    Kamu bisa mengeksplorasi dalam menyusun keramik agar terlihat tidak monoton. Untuk dekorasi bisa menggunakan keramik susunan gambar mozaik agar terlihat cantik. Gunakan mozaik untuk daerah pancuran yang miring di kamar mandi. Keramik mozaik lebih mudah digunakan pada dataran yang tidak rata di kamar mandi. Jenis keramik juga bisa kamu tentukan sesuai tema kamar mandi. Kamu juga bisa menggunakan keramik dengan corak apapun. Corak tersebut juga dapat di aplikasikan semua dalam menghias kamar mandi. Contohnya adalah jika kamu ingin menggunakan dinding bernuansa batu, maka tidak perlu menggunakan batu asli cukup pakai keramik yang bercorak batu.

    Source : centroceramic.com
  3. Pilih keramik yang mudah dibersihkan

    Keramik dalam kamar mandi tentunya sering terkena air yang mana dapat dengan mudah menumbuhkan lumut. Pilih keramik yang mudah dibersihkan sehingga akan tetap terlihat bersih.

    Source : ndikhome.com
  4. Memilih jenis keramik

    Jangan pilih keramik yang gampang tergores karena akan mengurangi keindahan dari keramik itu sendiri. Direktur Eksekutif Fasilitas dan Desain Ruang Pamer Walker Zanger, Kim Bernard, juga mengatakan bahwa meski ubin batu bisa digunakan sebagai penutup lantai kamar mandi, tetapi beberapa jenis batu tidak kuat jika harus digunakan di kamar mandi uap. Hindari penggunaan batu kapur (limestone) berwarna gelap di daerah kamar mandi basah. Sementara itu dalam memilih corak dan warna, Bernard mengajukan putih sebagai warna paling netral.

  5. Hindari keramik yang tidak bertekstur licinCara agar kamar mandi tidak licin adalah dengan lebih memperhatikan keramik yang tidak glossy. Pilih keramik yang memiliki tekstur agak kasar sehingga meskipun terkena air terus menerus keramik tidak akan terasa licin. Untuk area kamar mandi basah, sebaiknya pilih keramik yang teksturnya tidak licin sehingga aman untuk diinjak
  6. Motif keramik

    Pilih motif yang menarik karena kebanyakan orang menggunakan kamar mandi bukan hanya untuk membersihkan badan tetapi juga untuk relaksasi diri. Sehingga orang akan berlama – lama di kamar mandi. Pastikan memilih corak dan warna keramik yang senada dengan tema kamar mandi. Bila ruangan kurang mendapat sinar matahari, keramik dengan corak warna terang bisa menjadi alternatif, begitu pula sebaliknya. Desain keramik baik untuk lantai maupun dinding kamar mandi juga mempengaruhi hasil akhir yang senada dengan tema rumah.

    Source : idea.grid.id

Nah, itu dia beberapa tips dari arsminimalis yang bisa kamu terapkan dalam memilih keramik untuk kamar mandi agar tidak licin. Pilih juga kualitas keramik yang baik. Trik untuk memilih keramik yang baik adalah coba rendam keramik tersebut di air. Hal tersebut juga mempermudah dalam pemasangan.

Baca juga :  Kedap Suara dalam Ruangan, Ciptakan Rasa Kerasan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *