Rumah MinimalisSemua Artikel

Rumah Minimalis dengan Pintu yang Manis

Source : dekoruma.com

Kurang lengkap rasanya jika kita sudah membahas mengenai jendela tapi tidak menyinggung teman dekatnya, pintu. Sama halnya dengan jendela, pintu merupakan elemen eksterior yang pasti ada dalam suatu rumah. Bahkan bisa dikatakan pintu merupakan bibir dari muka utama rumah kamu.

Walaupun memiliki ukuran tidak terlalu besar, pintu memiliki nilai esensial tersendiri. Semakin bagus tampilan pintu rumah maka akan memberikan first impression menarik bagi orang yang memasuki rumah kamu. Model pintu sendiri saat ini sudah cukup banyak, baik yang bermaterialkan dari kayu, besi, kaca, atau material lainnya.

Penggunaan pintu bermaterial kayu sangat banyak digunakan di rumah – rumah masyarakat kita. Bahkan tak jarang pula konsep rumah yang kurang cocok menggunakan pintu bermaterial kayu tetap dipaksakan, dengan alasan harga dan lumrah digunakan. Seperti rumah minimalis, konsep rumah ini lebih bisa divariasi dalam penggunaan model pintunya. Penggunaan bahan material apasaja cukup cocok dikombinasikan dengan konsep rumah minimalis.

Nah pada artikel kali ini kami akan memberikan model – model pintu yang bisa kamu gunakan pada rumah minimalis. Pemilihan ini baik dari segi material, jenis, dan kekuatan pintu kami jadikan satu, berikut beberapa pintu yang cocok untuk dikombinasikan dengan rumah minimalis.

Pintu Geser Kaca

Source : aliecpress.com

Refrensi pertama jatuh pada jenis pintu geser dengan material utama kaca. Keunggulan dari jenis pintu ini sangat menyatu dengan konsep minimalis, penggunaan bahan material kaca membuat pintu ini ringan untuk dilihat. Terlebih lagi kaca itu sendiri yang cukup netral dan cocok untuk dikombinasikan dengan warna apapun dengan dinding rumah kamu.

Baca juga :  Macam – macam Meja untuk Hunianmu

Jenis pintu ini juga serasi jika kamu sandingkan dengan jendela picture. Pemandangan luar dari rumah kamu akan menjadi terekspos secara sempurna dengan kombinasi pintu dan jendela ini.

Kekurangan dari jenis pintu terletak pada keamanannya, karena terbuat dari material kaca maka mudah sekali untuk dibobol. Jika ingin menggunakan kaca yang anti pecah seperti kaca anti peluru tentu bisa saja, tetapi kamu perlu merogoh budget  lebih tentunya. Hal yang bisa kamu lakukan untuk meminimalisir kekurangan ini adalah menggunakan bingkai pada pintu kaca tersebut.

Pintu Putar

Jika ingin jenis yang unik dan menarik, maka model pintu putar sangat cocok untuk rumah kamu. Terlebih lagi jenis pintu ini digunakan pada pintu utama rumah, jadi semakin menonjolkan kesan unik dan menarik. Jenis pintu ini sebenarnya bisa bermaterial dari beberapa bahan, seperti kayu dan PVC. Penggunaan space yang cukup banyak membuat jenis pintu ini bisa dikombinasikan dengan berbagai model. Seperti pada gambar di bawah jenis pintu ini dikombinasikan dengan jendela frosted window.

Source : pinterest.com

Kekurangan dari jenis pintu ini adalah pada perawatannya yang cukup rumit. Penggunaan engsel yang terletak di tangah pintu bagian atas dan bawah, membuat engsel itu menjadi penopang utama dari pintu. Jika engsel tidak kuat maka ketahanan pintu juga tidak akan bertahan lama.

Pintu Engsel

Gaya konvensional dan klasik yang ditonjolkan pada jenis pintu ini. walaupun cukup lumrah digunakan, jenis pintu masih cocok untuk disandingkan dengan konsep rumah minimalis.

Source : pinterest.com

Namun perlu diperhatikan, karena konsep minimalis yang di gunakan, jangan memakai ukiran pada jenis pintu ini. Seperti pada gambar di atas, jenis pintu engsel di atas sangat cocok disandingkan dengan konsep minimalis, hal ini dikarenakan pemanfaatan serat dari material kayu yang digunakan. Sehingga tidak menimbulkan dekorasi berlebihan pada pintu, maka kesan minimalis, elegan, dan klasik bisa kita dapatkan dari pintu engsel yang semacam itu.

Baca juga :  Berikan Hunian Nyaman untuk Jiwa yang Tentram

Pintu Lipat

Ingin memaksimalkan view yang ada di area rumah dan memanfaatkan balkon, maka pemilihan jenis pintu ini sangat cocok untuk kamu gunakan. Jenis pintu ini mengutamakan keindahan, selain view yang bisa didapatkan, kesan elegan juga bisa kamu rasakan dari jenis pintu ini. Terlebih lagi jika bahan utama dari pintu ini adalah material kaca, maka bisa dikatakan pintu lipat adalah kakak dari jenis jendela picture.

Source : pinterest.com

Penggunaan jenis pintu ini kurang cocok jika dijadikan pintu utama, pintu ini cocok digunakan di area yang menghadap taman rumah, atau pada kamar di lantai atas dengan view yang menawan. Terlebih lagi jika kamu juga mempunyai balkon yang unik dan menarik, penggunaan jenis pintu ini akan semakin mempercantik area balkon.

Sama halnya dengan jenis pintu putar, perawatannya juga cukup ekstra pada jenis pintu ini. Engsel roda yang menjadi tumpuan utama harus sering dibersihkan, agar ketika digeser tidak mengalami kemacetan.

Itulah beberapa rekomendasi jenis pintu yang bisa diterapkan di rumah minimalis kamu. Jika ingin mendapatkan nilai tambah dari penggunaan jenis pintu di atas, selaraskan dengan model atau warna perabotan rumah kamu. Baik dari kebutuhan informasi perabotan interior dan eksterior, bahkan rekomendasi desain dan sejarah semua ada di arsminimalis. Kunjungi terus arsminalis ya.

Satu pemikiran pada “Rumah Minimalis dengan Pintu yang Manis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *