Rumah MinimalisSemua Artikel

Balkon Penunjang Fungsi Rumah

Source : blog.ihome.ir

Melihat pemandangan dari rumah memang mendapat kepuasan sendiri. Tapi tidak mungkin untuk memanjat ke atap, kan?  Untuk itu dibangunlah balkon agar tetap dapat menikmati pemandangan dari ketinggian. Apalagi kalau di sekitar rumah kamu terdapat view perkotaan atau pemandangan alam yang bagus.

Namun biasanya balkon dibangun  di rumah yang memiliki dua lantai atau lebih. Balkon tersebut akan memiliki fungsi yang sama seperti teras tetapi peletakannya ada di lantai dua atau di atasnya.

Selain sebagai teras, fungsi balkon rumah sangat beragam, salah satu di antaranya dapat membuat rumahmu terasa luas sampai mempercantik tampilan eksterior. Posisi balkon yang berada di atas diharuskan memiliki kekuatan ekstra sehingga dapat menopang beban di atasnya mulai beban material, penghuni, maupun beban furnitur yang disimpan di atasnya. Berikut beberapa fungsi balkon rumah

  1. Memperluas Ruangan
    Source : adawobinsondesign.com

    Untuk kamu yang mempunyai masalah rumah sempit atau kurang besar, membangun balkon pada lantai atas merupakan ide yang cemerlang. Kamu bisa memperluas kamar di lantai atas dengan menempatkan balkon tepat di sisi kamar.

    Dengan demikian, kamar kamu pun akan terasa lebih luas dan bisa memanfaatkan balkon sebagai tempat penempatan barang yang tidak cukup ditaruh di dalam ruangan.

    Tidak hanya di sisi kamar, bisa juga sebagai teras tambahan yang lebih luas. Sehingga balkon juga dapat digunakan untuk tempat berkumpul bersama keluarga.

  2. Memperluas Jarak Pandang
    99.co

    Letak balkon yang ada di lantai atas membuat ruang tambahan ini memiliki jendela pandang lebih luas daripada lantai di bawahnya.

    Hal ini membuat balkon menjadi tempat yang sangat tepat untuk bersantai sambil menikmati pandangan di sekitar rumah. Kamu bisa meletakkan meja dan kursi untuk sekedar bersantai sambil menikmati pemandangan.

  3. Menaikkan Kualitas Desain Rumah

    Desain luar rumah yang indah dan menarik terlihat lebih banyak dari pada interior dalam rumah yang tersembunyi di balik dinding. Desain eksterior rumah yang menarik bisa menjadi fasad yang memikat pula.

    Balkon rumah yang terpajang di lantai atas akan senantiasa menambahkan nilai estetika pada desain kamu. Rumah yang memiliki balkon memiliki kesan yang berbeda. Balkon menjadikan nilai fasad yang utama sebagai keindahan rumah secara keseluruhan. Untuk kamu yang ingin memiliki fasad cantik dan memiliki rumah dua lantai, balkon juga harus menjadi pertimbangan. Warna – warna yang indah atau desain  dengan furnitur di dalamnya juga bisa mempercantik balkon kamu.

  4. Penanda Rumah
    Source : ofdesign.net

    Bentuk balkon yang lebih menonojol dari bangunan lainnya dapat menjadi penanda rumah kamu. Ditambah dengan desain yang berbeda dari kebanyakan balkon lainna. Dengan tambahan furnitur atau menjadikan balkon sebagai mini kebun akan terlihat lebih menarik. Apalagi untuk kamu yang tinggal di daerah perkotaan dan memiliki lahan sempit, balkon sebagai kebun mini akan menjadi pilihan. Hal tersebut juga bagus untuk mengurangi polusi udara di daerah perkotaan.

  5. Sebagai Tempat Menjemur Pakaian
    Source : 4emirates247.com

    Pernah kah kamu melihat balkon yang berfungsikan sebagai tempat menjemur pakaian? Di beberapa tempat mungkin balkon juga difungsikan sebagai tempat menjemur pakaian. Dilihat dari tempatnya yang lebih menonjol, balkon rumah secara langsung akan mendapatkan sinar matahari. Apalagi di daerah yang padat penduduk atau di rumah susun, balkon akan menjadi tempat untuk menjemur baju paling efektif. Namun hal ini akan mengurangi nilai keindahan dari rumah.

Baca juga :  Beberapa Model Taman Belakang Bikin Rumah Minimalis Jadi Lebih Manis

Balkon adalah solusi bagi kamu yang memiliki lahan sempit tapi tetap ingin memberikan fungsi tambahan pada rumah. Fungsikan balkon rumah dengan kebutuhan yang ingin kamu penuhi.

2 pemikiran pada “Balkon Penunjang Fungsi Rumah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *