ArsitekturSemua Artikel

Memilih Jenis Cat yang Tepat untuk Warna yang Mantap

Source : blog.livaza.com

Warna merupakan salah satu hal yang wajib dalam sebuah bangunan. Perpaduan warna yang cantik akan membuat rumah semakin menarik. Bahkan sekarang warna bukan hanya untuk mempercantik bangunan saja. Seperti yang sudah pernah kami bahas pada arikel sebelumnya mengenai warna.

Berbicara tentang warna dinding tentu sangat lekat hubungannya dengan cat. Untuk mendukung pemilihan warna rumah kamu yang sudah oke, tentu pemilihan cat yang tepat harus dipikirkan matang – matang pula. Jangan sampai warna yang kita pilih sudah cocok, diaplikasikan ke dinding rumah kamu, tapi warnanya cepat rusak atau pudar karena pemilihan finishing cat yang salah.

Masing – masing dari jenis cat dinding memiliki tingkat ketahanan tersendiri menyesuaikan dengan ruangan yang cocok untuk jenis cat itu. Jadi, bagi kamu yang pernah melihat penggunaan satu jenis cat untuk seluruh ruangan pada bangunan maka itu kurang tepat.

Pada dasarnya, perbedaan pada jenis finishing cat dinding terletak pada tingkat kilapnya. Tingkat kilap ini berpengaruh pada perawatan cat itu sendiri. Semakin mengkilat jenis catnya maka semakin mudah pula perawatannya. Selain itu tingkat kilap pada cat juga disesuaikan pada beberapa jenis ruangan. Tingkat cat yang mengkilap tidak cocok untuk semua jenis ruangan, begitu juga sebaliknya. Tingkat kilap yang rendah tidak cocok pula jika diaplikasikan ke semua ruangan.

Bagi kamu yang masih bingung atau sama sekali tidak mengetahui apa perbedaan dari jenis – jenis finishing cat dinding. Jangan khawatir, berikut ini kami beri ulasan mengenai macam – macam jenis finishing cat dinding :

Flat

Tipe finishing cat dinding jenis flat memiliki karakter tidak berkilau dan tidak memantulkan cahaya. Tipe cat yang sering disebut juga dengan matte ini memiliki hasil akhir yang mulus walaupun diaplikasikan di permukaan yang kasar.

Namun kekurangan dari jenis cat ini adalah dalam segi perawatannya. Jenis cat flat sulit untuk dibersihkan, untuk itu pengaplikasian jenis cat ini tidak cocok untuk ruangan seperti dapur, ruang bermain dan kamar tidur anak. Jenis cat ini cocok di tepakan pada jenis ruangan seperti ruang tamu, ruang makan, ruang kerja, langit – langit rumah, dan kamar tidur untuk remaja atau orang tua.

Baca juga :  Tips Ruang Terbatas Terasa Lebih Luas
Source : redhousewest.com

Jenis cat flat juga pilihan tepat untuk mewarnai bagian luar bangunan yang terpapar matahari langsung. Selain memiliki keunggulan untuk menutupi permukaan yang tidak rata, jenis cat ini tahan akan cuaca ekstrem dan tidak mudah pudar.

Eggshell

Tipe cat ini sedikit lebih berkilau dibandingkan dengan tipe flat. Namun juga tidak terlalu mengkilap. Walaupun belum memiliki tingkat kilap yang tinggi, jenis cat ini sudah cukup tahan terhadap noda dan dapat dibersihkan menggunakan lap basah saja.

Bagi kamu yang tidak mau pusing akan pemilihan jenis cat, Eggshell cukup bisa jadi pilihan untuk diterapkan di seluruh ruangan. Hal ini dikarenakan tingkat kilap yang tidak terlalu tinggi masih cocok untuk menghiasi dinding ruangan seperti kamar, ruang tamu, dan ruang kerja. Memiliki cukup daya tahan akan noda dan masih tergolong mudah untuk pembersihannya, jenis cat ini cocok juga untuk ruang dapur dan kamar anak.

Namun kami tetap tidak terlalu merekomendasikan penggunaan jenis cat ini untuk semua jenis ruangan kamu, terlebih lagi mempertimbangkan masalah ketahanan. Untuk itu jenis cat ini juga kurang cocok dijadikan warna dinding bagian luar rumah.

Perbedaan pemantulan cahaya dari jenis cat eggshell dan flat (Source : hyperpaint.co)

Satin

Cat dengan satin finish memiliki hasil akhir yang bercahaya/mengkilap. Untuk urusan perawatan jenis cat ini sudah sangat mudah, lebih mudah dari jenis eggshell. Jenis cat ini sangat cocok untuk mewarnai dinding dalam ruangan yang ingin diberikan cahaya lebih dari luar. Untuk itu jenis cat ini cukup cocok diterapkan di segala jenis ruang yang ada dalam rumah kamu.

Source : viralizou.info

Namun jenis cat dengan tingkatan kilap seperti satin sudah sangat tidak cocok untuk mewarnai dinding luar rumah. Selain karena tingkat ketahanan terhadap cuaca ekstrem kurang,  warna mengkilap yang ditimbulkan dari pantulan cahaya matahari akan membuat efek seolah – olah rumah kamu seperti dilapisi plastik.

Semi Gloss dan High Gloss

Jenis gloss (baik semi maupun high) memiliki karakteristik yang keras dibandingkan jenis cat sebelumnya. Jenis cat ini sangat awet dan tidak mudah cepat terlihat kusam. Jenis cat gloss akan memantulkan cahaya lebih banyak. Jadi ketika digunakan untuk mengecat permukaan dinding yang tidak rata maka akan terlihat dengan jelas. Sifat ini berbanding terbalik dengan jenis cat flat. Jenis semi gloss sangat cocok untuk digunakan di kamar mandi. Hal ini karena perawatan pembersihannya sangat mudah, jadi cocok untuk ruangan yang dindingnya mudah ternodai. Selain itu penggunaan diruangan dapur juga masih cocok. Untuk digunakan di kamar tidur anak – anak atau ruang bermain juga sangat cocok.

Baca juga :  Berikan Hunian Nyaman untuk Jiwa yang Tentram

Namun sama halnya dengan jenis cat satin¸ jenis cat ini kurang cocok untuk digunakan pada dinding bagian luar rumah kamu. Walaupun memiliki daya tahan yang baik namun visual yang ditimbulkan dari kilapan karena memantulkan cahaya matahari sangat tidak oke.

Untuk memanfaatkan keunggulan jenis cat gloss, yaitu pada ketahanannya. Sebaiknya kamu menggunakan jenis cat ini untuk furniture, seperti jendela, lemari, kursi, meja. Baik furniture indoor ataupun outdoor jenis cat ini sangat cocok.

Source : custommabel.com

Bagaimana sudah memiliki gambaran tentang jenis – jenis finishing cat dinding? Sudah memiliki pilihan untuk menggunakan jenis cat mana untuk rumah kamu? Atau jangan – jangan kamu masih bingung harus memilih cat merek apa yang memiliki kualitas juara, pilihan warna yang banyak, dan tentunya harga yang terjangkau? Kalau iya maka kamu harus mencoba produk cat dari Clark Kensington.

Clark Kensington merupakan cat dinding pertama di Indonesia yang menggabungkan cat dan primer menjadi satu. Selain itu cat ini memiliki komposisi terbuat dari 100% arcylic latex untuk memperkuat daya rekat di dinding dan pastinya hasil akhir yang diberikan akan tampak mewah.

Selain itu jenis cat ini memiliki banyak varian dan warna yang sangat banyak. Clark Kensington didukung dengan teknologi ting – ting. Ting – ting merupakan sebuah mesin khusus yang dapat menciptakan banyak ragam varian warna sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kita.

Jadi bagi kamu yang akan mewarnai rumah dengan tampilan warna baru yang cantik tentunya, memilih cat Clark Kensington sangat direkomendasikan. Kualitas mantap, pilihan warna banyak, harga merakyat tentunya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *