ArsitekturSemua Artikel

Tanaman Dalam Ruangan, Bagus Untuk Kesehatan dan Pemandangan

Polusi yang semakin menumpuk di sekitar lingkungan membuat hidup terasa tak nyaman. Dengan maraknya masalah polusi, berbagai daerah semangat untuk melakukan gerakan go green. Menurut kompas.com, tumbuhan merupakan penghasil oksigen. Polutan yang ada di perkotaan dapat diserap oleh tanaman. Lalu tanaman-tanaman itu akan menghasilkan oksigen setelah menghirup polutan tadi.

Selain keberadaannya yang diperbanyak di perkotaan, sekarang tiap-tiap individu juga mulai menanamkan tumbuhan di perkarangan rumahnya. Tidak hanya di halaman, namun juga dalam ruangan.

Photo by Samantha Gades on Unsplash

Karyawan di gedung-gedung dengan tanaman di dalam ruangan di Inggris dan Belanda bekerja lebih fokus, produktif, dan berkonsentrasi tinggi. Bahkan pasien di rumah sakit mengkonsumsi obat pengurang rasa sakit lebih sedikit ketika ada tumbuhan di kamar rawat inap mereka.

Sudah terkenal memang fungsi tumbuhan baik untuk kesehatan. Dulu, kita hanya melihat tanaman di bagian halaman rumah saja. Jarang sekali ada tanaman asli di dalam ruangan. Makanya dulu banyak ibu-ibu membuat kerajinan dari tangan berbentuk bunga palsu untuk menghias dalam rumah. Namun seiring dengan berkembangnya zaman, semakin banyak juga orang yang menghias ruangan dalam hunian dengan tanaman.

Design by arsminimalis

Semakin banyak referensi di internet untuk menghias kamar dengan tanaman asli. Tumbuhan yang dipilih untuk mendekorasi kamar pun memiliki kelebihan untuk kesehatan. Ada apa saja sih?

  1. Spider Plant
    Photo by Lucian Alexe on Unsplash

    Tanaman ini memang sudah sering dilihat pada hunian. Spider plant memiliki daun yang pipih dan panjang seperti kaki laba-laba. Tumbuhan ini dapat menyaring toksin dalam ruangan dan menyerap zat kimia. Merawatnya pun mudah. Jika daunnya ada yang mengering, tinggal dicabut saja dan spider plant akan segar kembali.

  2. Peace Lily
    Photo by hgtv.com on Pinterest

    Tumbuhan bernama ilmiah Spathiphyllum bisa menangkal racun dalam ruangan. Lili perdamaian ini bisa hidup meskipun dengan cahaya yang kurang, makanya cocok untuk ditanam dalam ruangan. Peace lily juga sangat indah karena selain daun-daunnya yang berwarna hijau pekat, ada bunga-bunga dengan kelopak putih.

  3. Monstera
    Photo by Kara Eads on Unsplash

    Daun hijau yang lebar dan seperti ada sobekan atau bolongan ini terlihat aesthetic jika diletakan di dalam rumah khususnya di kamar. Monstera dapat meningkatkan kualitas udara di rumah Anda. Tak jarang daun ini dibuat replika palsunya dan dijual di e-commerce. Dibuat versi tidak aslinya karena daun ini beracun jika dimakan. Maka jika Anda memilih untuk memelihara Monstera, alangkah baiknya untuk dijauhkan dari anak-anak dan hewan peliharaan.

  4. Pachira

    Tanaman ini dipercaya memberi nilai fengshui rumah yang baik, terutama untuk hal keuangan. Maka dari itu Pachira memiliki julukan Money Plant. Tanaman ini cukup mudah untuk dirawat. Saat malam hari, Pachira akan menghasilkan oksigen dan membuat rumah terasa lebih sejuk.

    Photo by domino magazine on Pinterest
  5. Philodendron

    Dalam bahasa Yunani, philo berarti cinta dan dendron berarti pohon. Maka Philodendron memiliki arti sebagai pohon cinta. Tak salah jika disebut pohon cinta, daunnya saja berbentu seperti hati. Tanaman yang satu ini bisa bertahan tanpa sinar matahari selama dua sampai tiga minggu. Lalu Anda perlu mengeluarkannya selama dua-tiga hari agar terpapar sinar matahari yang cukup. NASA beranggapan bahwa Philodendron dapat membersihkan udara.

    Photo by kensphilodendron.com on Pinterest
  6. Lidah Mertua
    Photo by gardens4you.co.uk on Pinterest

    Siapa yang tidak tahu sansevieria atau lidah mertua ini? Tanaman ini memiliki ujung daun runcing yang tidak tajam. Mirip seperti tumbuhan lain, lidah mertua juga dapat menyegarkan udara di rumah Anda. Selain itu, tanaman ini mampu menyaring zat-zat oksida berbahaya. Sansevieria akan mengundang penyakit apabila diberi air terlalu banyak. Lidah mertua merupakan tanaman yang mudah hidup di tempat yang minim air, maka cukup sirami satu-dua kali dalam seminggu.

  7. Lidah Buaya
    Photo by Aneta Pawlik on Unsplash

    Kalau yang satu ini pasti sudah tenar di mana-mana. Manfaatnya beragam untuk kesehatan bahkan bisa diolah menjadi makanan dan produk kecantikan. Lidah buaya dipercaya bisa menghancurkan senyawa benzena yang biasa terkandung di dalam cat dinding rumah. Tumbuhan dengan nama lain aloe vera ini juga dapat hidup dengan mudah di dalam hunian karena aman jika tidak terkena cahaya matahari secara langsung.

Jika Anda ingin udara alami yang segar, memang diperlukan beberapa cara dan salah satunya dengan menanam tumbuhan hijau. Apalagi jika Anda ingin mengurangi pemakaian AC dan menggantinya dengan udara segar dari alam, Anda bisa memilih tanaman di atas untuk menghiasi setiap sudut ruangan hunian Anda. Tumbuhan tadi dapat membuat sirkulasi udara menjadi lebih baik dan terasa lebih sejuk. Selain menghasilkan pemandangan yang berkesan, tanaman juga bermanfaat untuk kesehatan.

Baca juga :  Cosmo Park, Perumahan yang Dibangun di Atas Atap Mall

Satu pemikiran pada “Tanaman Dalam Ruangan, Bagus Untuk Kesehatan dan Pemandangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *