Semua ArtikelTips dan Trik

Cara Memilih Warna yang Tepat untuk Kamar Mandi

Source : Shutterstock

Kamar mandi biasanya selalu identik dengan tempat kotor bahkan menjijikkan. Hal ini yang membuat kita kurang merasa nyaman saat berada di kamar mandi. Namun, hal tersebut bisa diatasi dengan memperindah desain kamar mandi, seperti di cat dengan warna-warna yang cerah.

Penggunaan warna cat kamar mandi yang tepat dapat menaikan tingkat kenyamanan, terlihat lebih luas, tidak terlihat menjijikkan juga menambah estetika. Warna memang menjadi cara paling mudah dan murah untuk menampilkan suasana ruang agar lebih cantik serta menarik, bahkan tanpa perlu renovasi besar-besaran.

Berikut adalah beberapa pilihan warna cat kamar mandi yang bisa menjadikannya terlihat lebih menarik dan nyaman :

  1. Warna Biru
    ©Harapanrakyat.com

    Warna biru sering dijadikan pilihan warna untuk kamar mandi pada umumnya. Segar dan cerah, merupakan efek yang diberikan warna ini pada kamar mandi. Terlebih padanan yang dipilih yaitu warna putih membuat warna biru ini kelihatan lebih tegas namun tidak terasa galak.

     ©sun-ebank.com/

    Selain biru muda, warna biru tua dengan skema lebih gelap juga cocok untuk digunakan pada kamar mandi. Jadikan  warna biru tua tersebut di dinding dalam bentuk wallpaper berwarna dasar putih. Tidak hanya itu, warna biru tua tersebut bisa diaplikasikan pada pintu, bingkai jendela, meja kamar mandi, hingga aksen dekorasi seperti karpet.

    Jika tidak ingin terkesan monoton, pilih padanan warn lain selain putih yaitu pink atau merah.

  2. Warna Krem atau Coklat Pasir

    ©arsitag

    Warna krem atau warna cokelat pasir juga sangat pas digunakan sebagai cat dinding kamar mandi. Jika memiliki kamar mandi dengan desain yang minimalis, mengaplikasikan warna ini akan membuat kamar mandi juga terasa hangat dan calm. Warna ini sangat cocok untuk kamu yang gemar berendam di bathtub untuk menambah sensasi nyaman saat melepas penat setelah sibuk seharian penuh. Tambahkan dekorasi seperti keranjang yang berwarna cokelat untuk tempat penyimpanan seperti handuk dan lain sebagainya. Untuk menambah kesan yang lebih nyaman lagi, juga dapat memasang aroma therapy dengan harum peppermint yang membuat ruang kamar mandi terasa semakin nyaman dan tidak bau.

  3. Hijau Muda atau Hijau Lembut
    ©https://blog.spacestock.com/

    Warna hijau yang lembut akan memberi tekstur bagi kamar mandi kecil. Selain itu, warna hijau juga bisa memberikan suasana yang kalem dan tenang bagi kamar mandimu, terutama kalau kamu kombinasikan dengan warna putih di sisi dinding lain. Dengan warna hijau kamu juga bisa menunjukkan sisi pecinta alammu melalui suasana kamar mandi. Terlebih jika kamu menggunakan  perabotan kamar mandi warna putih dan cokelat tua. Cokelat tua akan semakin menekankan efek alam di dalam kamar mandimu.

  4. Warna Oranye Rustik
    ©Rukita.co

    Warna oranye juga memiliki karakterstik menyenangkan. Warna ini dapat memberikan pengaruh visual yang sangat kuat dalam dekorasi ruangan walau tidak diaplikasikan secara dominan. Dengan mengombinasikannya dengan warna lain yang netral dan juga natural, kamar mandi pun terasa lebih hangat dan santai.

    Terlebih menggunakan perabot berwarna coklat tua dan bercorak kayu. Warna ini akan membuat mood di kamar mandimu jadi natural dan rustik. Hal ini juga akan membuat kamar mandimu bernuansa Earth Tone, sangat nyaman dipandang bahkan bisa meredakan stres.

    Untuk menambahkan kontras dengan warna oranye dan coklat kayu, kamu juga bisa menggunakan warna putih pada toilet dan pintu.

  5. Ungu Tua
    ©Rukita.co

    Warna ungu bisa membuat ruangan sempit terasa lebih besar. Apalagi ukuran kamar mandi biasanya relatif sempit dan kecil. Warna ungu tentunya cocok buat kamar mandi kamu yang sempit.

    Warna ini memberikan sentuhan feminin. Kalau kamu suka gaya rustik, kamu bisa pakai perabotan kamar mandi terbuat dari kayu, atau dengan motif yang kelihatan seperti kayu.

    Selain itu, agar kamar mandi tidak terkesan terlalu gelap, kamu bisa mewarnai setengah bagian kamar mandimu dengan warna putih, dan menggunakan perabotan berwarna putih juga. Bak mandi, wastafel, dan toilet berwarna putih akan memberi sentuhan cerah tanpa mengganggu suasana elegan dari ungu tua.

Baca juga :  Saksi Bisu Sang Raja Teh, Rumah Bosscha

Tidak sulit ternyata menentukan warna untuk kamar mandi. Mulai dari warna yang standar, cerah, hingga gelap, semuanya bisa dipilih asal dikombinasikan dengan warna yang tepat dan dipadupadankan dengan perabot yang memiliki warna yang tepat pula.

Selain warna jangan lupa juga untuk memerhatikan tata letak pencahaan alami. Cahaya alami akan membuat ruangan akan terasa lebih lebar serta menghasilkan visual ruangan yang sempurna. Pastikan cahaya matahari dapat masuk ke kamar mandi dalam jumlah yang mencukupi dengan menggunakan jendela. Bila tidak memungkinkan, gunakan lampu bohlam. Pilihlah warna yang memproduksi cahaya lembut, dan hindari warna cahaya yang kuat seperti bohlam kuning.

Gunakan pula cermin besar agar dapat memantulkan cahaya ke seluruh bagian ruangan. Serta pastikan pula langit-langit berwarna lebih terang dari dinding.

Baca juga :  Rumah Minimalis dengan Pintu yang Manis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *