Rumah MinimalisSemua Artikel

Perindah Rumah dengan Warna Selain Putih

Jika membayangkan rumah impian, warna apa yang akan terlintas dipikiranmu? Warna bisa berefek pada mood kita loh. Selain mempengaruhi psikologis, warna dapat dijadikan faktor untuk mengartikan sifat seseorang. Konon katanya, warna itu dapat mencerminkan kepribadian seseorang.

Adanya warna tentu untuk menghadirkan keindahan rumah karena ini ialah unsur penting dalam membangun hunian. Bayangkan jika hanya ada satu warna di seluruh penjuru rumah, bukankah kesannya tidak menarik? Efek lain yang ingin didapatkan dengan adanya warna adalah atmosfir yang lebih hidup, meriah, tidak membosankan, dan estetik.

Photo by DESIGNECOLOGIST on Unsplash

Pada web interiordesign.id, dikutip dari theartcareproject, warna dalam ilmu fisika ialah cara mata dan otak melihat panjang gelombang cahaya berbeda yang dipantulkan oleh suatu benda. Sedangkan putih diartikan tidak adanya semua warna dan hitam adalah gabungan semua warna.

Design by arsminimalis

Pada artikel kali ini, akan dibahas mengenai alternatif selain warna putih untuk rumahmu. Pada umumnya, rumah-rumah dihias dengan warna putih sebagai warna dominan. Tetapi untuk sebagian orang, warna putih dianggap kurang menarik meskipun warna ini dapat meningkatkan nilai estetik. Untuk itu dilansir dari archify, inilah lima warna yang bisa kamu gunakan untuk mempercantik ruangan selain menggunakan warna putih.

  1. Biru

    Biru dijadikan alternatif karena tidak dapat membuat mata lelah. Selain itu juga biru dapat menimbulkan efek penyeimbang dalam ruangan dan penenang rasa sakit. Biru juga dapat diartikan warna laut dan langit yang menjanjikan kesan luas, sejuk, dingin, serta damai.

    Photo by Juan Rojas on Unsplash
  2. Hijau
    Photo by Devon Janse van Rensburg on Unsplash

    Jika biru itu langit atau laut, maka hijau dapat diartikan sebagai warna alam. Warna ini dapat memberi kesan segar, relaks, harmoni, sejuk, juga menenangkan. Dengan kesan relaks dan tenang, warna ini bisa kamu aplikasikan pada ruang tengah atau ruang santai. Warna ini juga bisa kamu pakai di ruang tidur karena membuatmu lebih relaks dan dapat jadi penghilang stress.

    Photo by Emile Guillemot on Unsplash
  3. Beige

    Istilah lain dari warna ini ialah khaki, gading, pasir gurun (desert sun), dan off-white. Kesan minimalis akan jelas terasa dengan penggunaan warna ini di rumahmu. Selain itu, warna ini memberikan kesan berkelas dan estetik. Pengaplikasian beige dengan warna putih akan membuat ruanganmu terasa high class.

    Jika memilih warna ini sepertinya bisa kamu sediakan dinding berwarna beige polosan tanpa properti apapun. Untuk apa? Tentu untuk dijadikan spot foto outfit of the day.

    Photo by Francesca Tosolini on Unsplash
  4. Hitam

    Hitam tentu berarti dapat memberikan kesan maskulin. Warna ini menjadi salah satu warna favorite desainer interior kontemporer. Katanya, warna hitam harus selalu ada pada ruangan. Entah itu dalam bentuk dekorasi atau furnitur. Hitam sering dipasangkan dengan putih untuk menciptakan efek monokrom yang disukai banyak orang.

    Photo by DeMorris Byrd on Unsplash

    Hitam dapat menimbulkan efek misterius, seperti yang sering diceritakan pada situs-situs cerita online. Tokoh lelaki misterius biasanya akan diperkuat dengan kamarnya yang berwarna hitam. Meski hitam dapat membuat ruangan terasa lebih sempit, namun warna ini dapat memberi kesan kuat, dalam, dan melambangkan sifat perlindungan.

  5. Abu-abu
    Photo by Aw Creative on Unsplash

    Seperti warna putih, warna ini sering digunakan karena sifatnya netral. Warna yang netral berarti fleksibel. Warna ini bisa kamu padu-padankan dengan warna lain. Dengan kefleksibelannya, warna ini cocok dipakai diberbagai gaya ruangan. Mulai dari yang kekinian hingga retro, bahkan bisa juga digunakan untuk menimbulkan kesan glamour. Warna ini dapat kamu mainkan dengan berbagai furnitur berwarna cerah karena akan memberi kesan yang manis. Abu-abu juga dapat menghadirkan kesan mewah, mahal, damai, dan anggun.

Yup, itu dia lima warna yang bisa kamu pakai selain putih. Putih memang memberikan kesan sederhana, bersih, dan suci. Namun putih juga dapat membuat mata lelah dan sakit kepala apabila dijadikan warna yang mendominasi. Maka jika ingin tetap menggunakan warna putih, kamu bisa mengkombinasikan dengan warna di atas yang sudah saya jelaskan maknanya.

Photo by Kara Eads on Unsplash

 

Baca juga :  Harga Murah, Asbes Jadi Sebab Nafas Susah (Part 3)

5 pemikiran pada “Perindah Rumah dengan Warna Selain Putih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *