Semua ArtikelTips dan Trik

Konsep Zen Living Hadirkan Kenyamanan dan Ketenangan

Rasa lelah yang dihadapi ketika menjalani aktifitas adalah perasaan yang dihadapi semua orang. Istirahat dan ketenangan merupakan cara paling menyenangkan untuk mengesampingkan rasa lelah tersebut. Namun, bagaimana cara kita dapat merasakannya setiap hari tanpa mengeluarkan ongkos setiap harinya untuk menyewa sebuah kamar hotel atau menyewa guest house untuk merasakan ketenangan? Mari kita ulas konsep Zen Living agar rumah menjadi lebih tenang dan harmonis.

Filosofi Zen sendiri saat ini sudah banyak diterapkan untuk mengimbangi gaya hidup penghuni rumah modern. Meditasi Zen dipercaya dapat menghadirkan kebahagiaan dan ketenangan di dalam jiwa pemiliknya. Bila ingin serius menjalani hidup ala Zen, rumah dapat menjadi sarana pendukungnya. Namun, agar memperoleh hasil secara menyeluruh, Zen Living perlu diterapkan secara langsung dalam kehidupanmu sehari-hari. Beberapa praktisi Zen Living berbagi prinsip penerapan Zen Living di rumah, berikut beberapa prinsipnya yang dilansir dari Kompas Properti.

  1. Sisakan untuk Ruang KosongDiambil dari buku “The Art of Simple Living”, Kepala Biksu di Kuil Kenkoji, Shunmyo Masuno, menganjurkan untuk meyempatkan waktu menjernihkan pikiran dengan tak memikirkan apapun. Maka dari itu keberadaan ruang kosong sangat penting untuk diadakan. Ruang kosong dapat memberikan efek lapang pada ruangan rumah dan menjauhkan kamu dari distraksi saat relaksasi.
  2. Taman di Lahan Terbuka
    (source : idea.grid.id)

    Menurut Masuno, alam mempunyai peran untuk menciptakan keseimbangan hidup tiap orang. Hubungan antara manusia dengan alam sangat diperlukan karena mereka berdua saling merawat. Cobalah memanfaatkan lahan terbuka di sekitar rumah untuk dijadikan kebun atau taman. Balkon rumah juga bisa kamu buat taman mungil.

  3. Sederhana
    (source : dekoruma)

    Salah satu prinsip dasar Zen Living yang kerap diterapkan dalam penataan ruang adalah shibumi. Pertama kali diperkenalkan ke khalayak ramai pada tahun 1960, shibumi tak memiliki definisi tetap. Untuk mengaplikasikan konsep kesederhanaan dari shibumi, pastikan kamu untuk rela membuang atau menghindari barang-barang yang tidak terlalu dibutuhkan. Konsep Zen Living shibumi ini menekankan untuk menggunakan barang yang punya nilai tinggi saja.

  4. Tampilkan Perbedaan

    Konsep lain dari Zen Living, yaitu datsuzoku dapat menjadi obat penawar untuk melepas kepenatan yang muncul dari kegiatan-kegiatan. Shoukei Matsumoto, penulis A Monk’s Guide to a Clean House Mind, menjelaskan datsuzoku dalam Zen Living menghargai hal-hal yang tak terduga yang terjadi di luar rutinitas normal. Dengan begitu, Anda tak perlu takut untuk mencoba sesuatu yang berbeda dalam menata interior rumah.

  5. Hadirkan Sudut Kreatif
    (source : dekoruma)

    Selain itu, konsep Zen Living bisa kamu hadirkan lewat sudut-sudut dalam rumahmu. Tidak perlu berukuran besar, yang penting cukup untuk menempatkan sepasang meja, kursi, dan beberapa interior untuk menambah suasana sudut yang kreatif. Jadikan ruangan ini sebagai ruang santai. Dijamin, penat seketika luntur.

  6. Tempatkan Tanaman Hias

    Konsep Zen Living bisa dihadirkan dengan menempatkan beberapa tanaman hias di tiap sudut rumah yang tak dikira. Seperti, pojok kamar, di dalam rak buku, area mezanin, dan ruang manapun yang terasa sumpek. Ruangan rumahmu akan terasa sejuk karena tanaman hias dapat membersihkan udara di dalam ruangan. Kamu pun akan merasa lebih happy dan mudah untuk berpikiran jernih.

Ketika mencoba merubah gaya hidup dengan konsep ala Zen Living, tak perlu khawatir karena tidak memperoleh manfaatnya secara maksimal. Fokus utama dari prinsip Zen Living adalah untuk memprioritaskan praktik dan konsistensi. Dengan Konsep Zen Living, melepas penat dikala usai melakukan pekerjaan akan menjadi sesuatu yang menyenangkan.

Baca juga :  Tips Memilih Ubin Kamar Mandi

2 pemikiran pada “Konsep Zen Living Hadirkan Kenyamanan dan Ketenangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *