Rumah MinimalisSemua Artikel

Percantik Rumah dengan Gaya Jendela Minimalis

Source : Rumahminimalis.click

Rumah tanpa jendela bagaikan ambulan tanpa sirine, seperti ada yang kurang. Hal ini dikarenakan jendela merupakan salah satu elemen dasar dari sebuah rumah. Sama halnya dengan sebuah pintu, jendela akan dibutuhkan untuk menunjang kegiatan kamu di dalam rumah. Baik jendela kamar maupun jendela ruangan memiliki peranan penting sebagai sirkulasi udara dan jalan untuk cahaya luar masuk.

Karena merupakan elemen yang pasti ada dalam sebuah rumah membuat beberapa orang tidak terlalu memperhatikan tampilan jendela rumah mereka, yang penting ada. Padahal, pemilihan jendela yang tepat akan menaikkan nilai estetika dari rumah tersebut. Begitu juga sebaliknya, pemilihan jendela yang salah akan mengurangi nilai estetika dari rumah tersebut.

Di rangkum dari dekoruma.com dan spacestock.com. berikut kami sajikan beberapa model jendela minimalis yang bisa membuat rumah kamu semakin cantik.

  1. Model Jendela frosted window

    Kamu termasuk orang yang tidak suka menggunakan dekorasi tirai jendela? Maka model jendela frosted window sangat cocok untuk kamu. Dengan desain jendela yang menggunakan efek buram pada kacanya membuat keamanan privasi bagi pemilik rumah. Terlebih lagi cahaya tetap bisa masuk melalui jendela model ini. Jadi keamanan privasi kamu dapatkan dan cahaya alami tetap bisa kamu nikmati.

    Walaupun tanpa dihiasi oleh tirai jendela. Model jendela ini sudah memiliki nilai keindahan tersendiri. Bahan kaca buram yang digunakan bisa digunakan motif hiasan langsung dijendela forest ini. semisal seperti pada gambar diatas digunakan motif bunga untuk mempercantik model jendela forest.

    Kelebihan lain dari model jendela forest window adalah model jendela ini bisa kamu gunakan pada desain rumah apapun. Baik klasik ataupun modern model jendela ini sangat bisa kamu gunakan. Terlebih lagi peletakannya yang tidak pilih – pilih, kamu bisa meletakkannya di dapur, kamar mandi, atau jendela yang menghadap ke jalan langsung.

    Dari segi perawatan  forest window terbilang  sangat mudah. Karena hanya mengandalkan kaca buram baik untuk pencahayaan maupun memperindah menjadikan forest window tidak butuh perawatan khusus. Anda hanya perlu rutin membersihkan bagian kaca agar tidak menumpuk debu dan mengotori udara di ruangan Anda.

  2. Model jendela teralss minimalls

    Unsur kemanan menjadi prioritas pada model jendela ini. Dengan penggunaan tralis yang kuat membuat keamanan rumah kamu semakin meningkat. Selain berfungsi sebagai pengaman tralis disini juga bisa difungsikan sebagai dekorasi jendela. Dengan rancangan desain tertentu tralis bisa disulap menjadi bentuk bentuk yang indah bahkan unik.

    Model jendela bisa dikombinasikan dengan model jendela bukaan atau tidak. Jika ingin menambah keamanan maka mengaplikasikan dengan model jendela tanpa bukaan sangat cocok. Namun kekurangannya adalah tidak adanya jalan masuk udara melalui jendela. Sebaliknya jika diaplikasikan ke model jendela bukaan udara akan masuk dengan mudah, namun tingkat keamanan tidak ada peningkatan.

    Namun tenang saja, jika Anda ingin mengkombinasikan dengan jendela tanpa bukaan dan mengkhawatirkan masalah udara masuk. Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan ventilasi udara tambahan diatas jendela ini.

    (Sumber : dekoruma) Penambahan ventilasi diatas jendela model tralis membantu untuk pengudaraan alami ruangan Anda
  3. Model jendela bow window (jendela lengkung)
    (Sumber : insinyurbangunan.com)

    Model jendela ini cocok untuk ruangan kamar. Dari segi penampilan, model jendela ini cocok diaplikasikan pada model rumah bertema interior klasik yang condong ke elegan dan mewah.

    Model jendela ini cocok dikombinasikan dengan Sliding Window atau jendela dengan bukaan geser. Namun tidak menutup kemungkinan juga dikombinasikan dengan Awning Windo (model jendela dengan bukaan kearah luar dengan posisi engsel diatas). Tergantung bagaimana desain bow window kamu.

    Dari segi perawatan bow window bisa dikatakan gampang – gampang susah. Tergantung Anda aplikasikan dengan model bukaan apa jendela ini. Namun yang terpenting adalah rutin untuk membersihkan jendela dari kotoran dan debu yang menempel di kaca atau bagian – bagian jendela. Karena penempatan jendela yang cocok didalam kamar. Artinya kebersihan harus diutamakan.

  4. Model jendela picture
    Idolza.com

    Jika lingkungan rumah kamu memiliki view pemandangan yang cantik maka sangat cocok dikombinasikan dengan model jendela ini. Dengan ukuran besar dan didominasi oleh material kaca yang transparan membuat view dari jendela ini sangat luas. Model jendela ini membuat kamu bisa rileks ketika di rumah, karena kamu akan disuguhkan pemandangan alami di lingkungan kamu. Terlebih lagi jika pemandangan yang disajikan adalah alam, maka cocok untuk kamu yang banyak menghabiskan waktu untuk bekerja agar bisa bersantai dengan rileks di rumah.

    Dari segi perawatan, untuk jendela model ini sebenarnya tidak susah, namun memerlukan tenaga ekstra. dikarenakan ukuran kaca yang luas.

  5. Model jendela double hung
    Image: Rooang.com

    Sederhana namun terlihat modern. Itulah gaya yang ditonjolkan pada model jendela ini. meski pun terlihat seperti satu jendela yang panjang namun sebenarnya jendela ini merupakan dua jendela yang berada dalam satu rangka. Daun jendela bagian atas maupun bawah dapat dioperasikan naik ataupun turun melewati rel yang ada pada bingkai.

    Berbeda dengan model sebelumnya yaitu single hung, model ini lebih unggul karena dapat mengalirkan udara dengan lebih baik dikarenakan sisi atas maupun bawah dari model jendela ini bisa dibuka.

    Untuk merawat model jendela ini Anda harus teliti. Karena adanya engsel rel dalam model jendela ini. Biasanya kotoran akan menumpuk pada bagian rel jika jarang digunakan.

Demikianlah beberapa opsi model jendela yang siap mempercantik rumah kamu. Selain kegunaannya sebagai ventilasi udara dan cahaya, menggunakan jendela sebagai alat untuk mempercantik rumah ternyata hal yang tidak mungkin. Jangan lupakan bumbu pemercantik jendela kamu, seperti pemilihan tirai yang tepat dan beberapa aksen hiasan yang bisa kamu gunakan untuk mempercantik jendela kamu.

(Sumber : pixabay.com) Pemilihan model dan tipe tirai menunjang keindahan jendela rumah kamu

Dari semua model mana nih yang jadi favorit kamu? Komen di bawah ya.

6 pemikiran pada “Percantik Rumah dengan Gaya Jendela Minimalis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *