Rumah MinimalisSemua Artikel

Sofa Tepat, Duduk Nikmat, Tidur Hangat

Lagi-lagi harus di rumah. Hanya bisa rebahan, main gadget, nonton televisi, tidur, lalu makan. Karena memasuki waktu bulan ramadhan, kita puasakan dulu kegiatan makan. Setiap individu diwajibkan untuk stay at home agar bisa memutus rantai penyakit yang trend saat ini, Covid-19. Aktivitas di rumah membuat keluarga berkumpul lebih sering dari waktu biasanya. Biasanya keluarga akan berkumpul di ruang tengah untuk sekedar bersenda gurau atau hanya duduk-duduk sambil main handphone dan menonton televisi.

Terkadang kalau gabut di rumah, yang dilakukan hanya duduk-duduk. Entah itu di ruang tamu, ruang keluarga, atau di kamar. Tapi duduk dan berkumpul bersama menjadi pilihan yang lebih menguntungkan. Mengapa menguntungkan? Karena menimbulkan kesenangan dan dibuat tidak merasa kesepian. Salah satu furnitur yang ada baik itu di ruang tamu atau ruang tengah adalah sofa.

Kehadiran sofa menjadi furnitur yang penting. Di ruang keluarga atau tamu, sofa dijadikan elemen utama. Selain berfungsi sebagai tempat duduk bagi para tamu dan titik kumpul keluarga, sofa harus memberikan kenyamanan. Sofa merupakan focal point atau poin utama sebuah ruangan karena ukurannya besar dan menjadi pandangan pertama seorang tamu jika mampir ke suatu rumah.

Photo by Marc-Olivier Paquin on Unsplash (unsplash.com)

Tak lengkap bila ruang tamu tidak diberi sofa. Ruang itu tidak akan terasa baik untuk ditempati apabila sofanya tidak matching dengan tema dan kondisi rumah. Furnitur yang ada di rumah bisa mencerminkan sifat si penghuni, maka cukup penting untuk menentukan sofa yang tepat. Ada banyak sekali pertimbangan sebelum Anda memilih sofa untuk dimiliki. Seperti pada laman archify.com yang mengatakan pada artikelnya bahwa pertimbangan sebelum membeli sofa yaitu tentang bentuk dan ukuran, warna, kekuatan, bahan pelapis, serta fungsi.

Sebelum ke toko furnitur untuk membeli, pastikan Anda searching dan tahu berbagai macam sofa. Pastikan pilihan dan kemauan. Sofa memiliki beragam fungsi dari yang biasa sampai yang multifungsi. Ada sofa yang merangkap sebagai tempat tidur, ada pula yang menjadi storage atau tempat penyimpanan. Selain itu juga harus menentukan warnanya. Jika rumah hunian Anda berwarna krem-coklat, tidak mungkin langsung membeli sofa berwarna merah karena warnanya tidak senada. Warna dapat memberi beragam makna dan dapat membuat ruangan terasa lebih luas, sempit, elegan, bahkan maskulin. Apabila ruang tamu Anda memiliki banyak furnitur, gunakanlah warna yang netral dan polos. Anda bisa memilih sofa bermotif jika dirasa ruangan tersebut terasa sepi.

Baca juga :  Mengenal Fungsi Dapur, Tata Letak serta Pemilihan Warna yang Baik
Photo by Inside Weather on Unsplash (unsplash.com)

Bahan pelapis menjadi hal lain yang harus dipertimbangkan. Ada bahan kulit dan kain yang mempunyai plus-minus tersendiri. Bahan kulit bisa membuat ruangan memiliki rasa klasik, namun perawatannya harus ekstra. Pemilihan tempatnya juga harus pas karena bahan ini tidak bisa terkena sinar matahari langsung. Berbeda dengan bahan kain yang tidak masalah terkena cahaya sang surya dan terkesan lebih sederhana. Bahan ini juga cocok dengan segala tema dan desain rumah, namun bahan ini akan membuat debu lebih gampang menempel dan jika terkena noda akan lebih ribet untuk dibersihkan.

Photo by Francesca Tosolini on Unsplash (unsplash.com)

Salah satu tips yang sangat penting adalah mencoba langsung sofa yang mau dibeli. Kekuatan sofa harus jadi pertimbangan karena Anda pasti tidak mau ‘kan saat asik berbincang malah terjengkang. Maka cobalah langsung untuk diduduki berdua atau bertiga guna mengetes kekuatannya. Anda bisa menanyakan pada penjual apa bahan perekatnya dan tentu hindari perekat lem karena cepat rusak. Jika saat Anda duduki sofanya berderit, maka rangkanya bisa dibilang kurang bagus. Kerangka sofa yang biasa digunakan ialah kayu solid atau kayu engineered sedangkan bahan yang harus dihindari yaitu kayu daur ulang seperti medium-density fiberboard (MDF), papan kayu partikel, atau plywood standar.

Perhatikan ruangan yang akan Anda beri sofa, apakah ruangannya besar atau kecil. Bisa lebih baik lagi untuk diukur dan menentukan ukuran sofa yang diinginkan. Satu dudukan sofa kurang lebih berukuran lebar 45 cm sampai dengan 55 cm, panjang 60 cm sampai 95 cm, dan tinggi 25 cm sampai 35 cm untuk ukuran orang dewasa Indonesia. Sofa memilik ragam bentuk, seperti sofa sudut L, sofa bed, serta sofa kotak. Ruangan yang besar bisa diberi sofa tiga dudukan atau yang berbentuk L, sedangkan ruangan yang lebih kecil bisa memilih sofa dua dudukan.

Baca juga :  Yuk Belajar Tentang Pencahayaan dan Penghawaan yang Baik Pada Bangunan Rumah!

Tipe sofa yang bisa Anda coba dengan keadaan saat ini adalah sofa bed. Sofa ini diperuntukan untuk orang-orang yang melakukan banyak hal di sofa. Sofa dimultifungsikan sebagai tempat untuk tidur dan bersantai. Sofa ini membolehkan kita menjulurkan kaki dan bersantai menikmati tontonan di televisi atau sekedar rebahan sambil main games.

Seperti yang dilansir dari KursiSofa, sofa bed punya banyak kelebihan. Sofa tipe ini cukup hemat tempat lantaran bisa dilipat. Jika tidak punya ruangan lebih untuk tempat tidur tamu, Anda bisa menjadikan sofa bed sebagai penggantinya. Sofa multifungsi ini juga memiliki banyak model, kualitas baik, dan harga yang terjangkau.

Photo by Sven Brandsma on Unsplash (unsplash.com)

Perhatikan poin-poin serta penjelasan di atas dan Anda akan mendapat sofa yang tepat. Sofa yang tepat akan membuat duduk jadi nikmat. Selain mencoba secara langsung, Anda juga bisa memilih sofa secara online. Poin-poin yang diperhatikan juga mirip seperti yang sudah dipaparkan di atas.

Tentu Anda perlu mengukur dulu ruangan yang akan diberi sofa dan mengira-ngira ukuran sofa yang pas dan tidak kebesaran. Jangan lupa untuk menanyakan pada seller perihal rangka dan material yang dipakai. Umumnya rangka yang dipakai untuk menopang sofa adalah kayu karena kokoh dan tahan lama. Untuk material, Anda dapat memilih jenis sesuai keinginan pribadi. Tips lain untuk berbelanja sofa via online tentu dengan melihat review produk yang dijual. Tidak hanya pada produk tapi juga melihat ulasan-ulasan mengenai kerangka dan material yang baik.

2 pemikiran pada “Sofa Tepat, Duduk Nikmat, Tidur Hangat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *