Semua ArtikelTips dan Trik

Pahami dan Kenali Kayu Jati Berkualitas Tinggi

Source : hijauku.com

Dalam dunia arsitek kayu jati bagaikan primadona siapapun. Baik digunakan sebagai bahan utama dalam bangunan atau hanya untuk mengisi keindahan ruangan dengan furniture, kayu jati tetap memiliki nilai lebih.

Pohon jati ini sendiri berasal dari hutan hujan tropis India dan di beberapa negara – negara Asia Tenggara lainnya, salah satunya Indonesia. Sejak abad ke – 7 pohon jati sudah digunakan untuk mempercantik dan menghiasi tempat tinggal para orang kaya dan berkuasa pada kala itu.  Eksistensi kayu jati sampai sekarang masih tinggi, karena dengan banyak kelebihannya menjadikan kayu jati bahan yang mahal dan berkualitas dalam dunia arsitek. Selain itu alasan lainnya kenapa kayu jati begitu bernilai tinggi adalah karena membutuhkan sekitar 80 tahun sebelum pohon jati dapat ditebang dan dimanfaatkan kayunya. Kelangkaan kayu jati ini juga terbukti pada jurnal statistik produksi kehutanan. Pada tahun 2015 jumlah kayu jati yang dikelola hanya mencapai angka 513.378 pohon saja. Dibandingkan dengan jenis kayu lain seperti akasia, jumlah pengelolaan kayu jati sangat jauh sekali lebih sedikit. Kayu jati ini sendiri memiliki beberapa jenis, di mana ada kayu jati rakyat, kayu jati emas, dan kayu jati perhutani. Masing – masing kayu jati tersebut memiliki kelebihan tersendiri.

pinterest.com

Dibandingkan dengan bahan kayu lainnya, seperti kayu mahoni, sonokeling, dan beberapa jenis kayu lain, kayu jati memiliki keunggulan pada minyak dan karet alami. Walaupun pada dasarnya kayu mengandung minyak yang melindungi pohon, namun kayu jati bisa mempertahankan minyak dan karet alaminya bahkan setelah kayu jati ditebang dan dikeringkan. Karena kandungan minyak dan karet inilah kayu jati memiliki sifat tahan cuaca yang lebih besar daripada jenis kayu lainnya.

(Sumber : industrialofficial.blogspot.com)

Selain kelebihan pada minyak dan karet yang membuat kayu jati bisa bertahan dari cuaca, berikut beberapa kelebihan dari kayu jati yang membuatnya semakin bernilai tinggi.

Baca juga :  Macam – macam Meja untuk Hunianmu

Pertama, Sangat kokoh. Kepadatan serat dari kayu jati membuat kayu ini menjadi sangat kuat dan kokoh, untuk itu banyak furniture yang menggunakan bahan utama kayu jati. Seperti kursi contohnya yang harus memiliki ketahanan dan kekuatan.

Kedua, Tahan terhadap serangga dan rayap. Kayu jati memiliki serat yang padat, serta urat kayu yang keras. ditambah adanya minyak alami dari kayu jati itu sendiri membuatnya cukup kebal terhadap serangan serangga dan jamur.

Ketiga. Tahan akan cuaca. Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, karena memiliki minyak dan karet alami membuat kayu jati lebih tahan akan cuaca dibandingkan dengan kayu lainnya. Untuk itu kayu jati bisa menjadi bahan furiniture indoor maupun outdoor.

Keempat, Awet. Dengan perawatan yang tepat, kayu jati bisa bertahan selama bertahun – tahun (bahkan bisa lebih dari 100 tahun). Untuk itu kayu jati masih cocok untuk dijadikan bahan utama dalam bagunan rumah Anda.

Kelima, Tahan pembusukan. Karena memiliki kerapatan serat yang sangat tinggi dan tahan air sehingga membuat kayu jati tidak mudah membusuk dan keropos. Itulah yang membuat kayu jati bisa bertahan begitu amat lama.

Dengan beberapa keuntungan yang kami sebutkan tadi, cukup layak memang jika menjadikan kayu jati sebagai bahan utama untuk mempercantik dan memperindah rumah Anda. Namun sebagian dari pembaca mungkin bertanya, bagaimana memilih kayu jati yang baik dan memiliki kualitas bagus? Tenang, kami juga akan memberikan beberapa tips bagaimana cara memilih kayu jati yang memiliki kualitas tinggi.

  1. Pilih lah kayu jati yang sudah tua

    Alasannya adalah semakin tua kayu jati maka akan semakin kokoh pula konstruksi kayunya. Selain itu semakin tua serat kayu jati akan semakin terlihat, sehingga bisa menimbulkan kesan dan pesona estetik tersendiri.

    (Sumber : sketsa.id)
  2. Jangan memilih kayu jati yang berlubang

    Walaupun kayu jati memiliki ketahanan terhadap serangan serangga dan rayap, tapi tidak menutup kemungkinan kayu jati juga terkena akan serangan hama tersebut. Salah satu ciri kayu jati yang sudah terkena serangan hama adalah adanya lubang pada kayu. Jika Anda menemui hal tersebut pada kayu atau furniture berbahan kayu jati jangan pilih kayu tersebut. Karena pada dasarnya kayu tersebut sudah keropos dan tidak akan bertahan lama.

    Image by : Biocide Insecticide
  3. Tanyakan daerah asal kayu jati tersebut

    Cara paling mudah untuk memastikan bagaimana kualitas dari kayu jati adalah dengan mencari tahu dari mana asal kayu jati tersebut. Kandungan berbeda yang dimiliki tanah pada setiap daerah menyebabkan kualitas kayu jati yang berbeda pula.

    Sampai saat ini, kayu jati yang terbaik berasal dari daerah Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat. Oleh sebab itu jika kayu yang hendak Anda beli berasal dari daerah Jawa Timur maka besar kemungkinan kayu jati tersebut berkualitas tinggi.

    (Sumber : jualo.com) salah satu perkebunan pohon jati yang ada di Bojonegoro, Jawa Timur

Saat ini eksistensi kayu jati di dunia furniture memang masih menjadi primadona. Seperti banyaknya model meja dan kursi yang berbahan kayu jati. Dengan serat yang indah ketika kayu jati semakin tua memang menjadi nilai estetik tersendiri untuk dijadikan meja dan kursi yang menghiasi rumah. Namun jangan salah, kayu jati juga bisa dijadikan bahan utama furniture lainnya yang tak kalah indah pula. Salah satunya untuk dijadikan rak, baik rak buku maupun rak untuk tanaman hias. Sifat kayu jati yang kokoh cocok untuk dijadikan furniture dengan fungsi utama menahan benda yang terbilang cukup berat.

Bagaimana? Tertarik untuk mengisi rumah Anda dengan furniture berbahan kayu jati? Walaupun Anda harus merogoh kocek yang cukup mahal. Namun dengan banyaknya kelebihan yang ditawarkan, kami jamin Anda tidak akan menyesal.

 

Baca juga :  AC Bahayakan Kesehatan, Udara Alami Siap Gantikan

4 pemikiran pada “Pahami dan Kenali Kayu Jati Berkualitas Tinggi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *