Rumah MinimalisSemua Artikel

Maksimalkan Desain, Untuk Nilai Fungsi Tambahan

Tidak heran bila kita akan merasa nyaman tinggal di rumah dengan desain yang kita mau. Selain dari estetika kita juga dibuat merasa nyaman oleh fungsional dari sebuah desain yang cocok dengan aktifitas kita.

(source : diminimalis.com)

Dari sekian banyak macam desain mungkin kalian tertarik dengan satu tema, memang itu mempermudah kita menentukan bagaimana rumah kita nantinya. Yang terpenting dari semua adalah bagaimana rumah dengan budget tidak terlalu membengkak namun dengan nilai fungsi yang tidak menyusahkan yang menempati rumah tersebut. Cahaya mungkin terdengar sepele akan tetapi ini adalah kunci dari tingkat kenyamanan yang dapat dirasakan.  Memang ada lampu untuk menggantikan peran matahari menerangi ruang sebagai cahaya utama, tapi tetap tidak bisa menggantikan esensi dari matahari yang menerangi dunia dan seisinya. Di waktu-waktu tertentu rumah kita perlu cahaya matahari untuk mengurangi tingkat kelembapan yang ada di rumah kita.

Pertama, manfaatkan pintu sebagai pencahayaan alami. Tdak hanya melalui jendela namun kita bisa menggunakan pintu sebagai tambahan pencahayaan dan juga sebagai sirkulasi dan akses masuk. Kita bisa menggunakan pintu dengan bahan yang dapat tertembus oleh cahaya, seperti kaca atau apapun yang dapat tertembus cahaya matahari. Ini juga membuat tampilan pintu menjadi semakin keren.

Baca juga :  Pola dan Tata Letak Rumah untuk Usia Lanjut
{source : home-designing.com)

Yang kedua kita bisa menggunakan Skylight. Apa itu skylight? Ini adalah semacam jendela yang terletak pada bagian langit – langit ruangan. Ruang di dalam rumah berdempetan dengan ruang lain sehingga sulit mendapatkan pencahayaan alami dari elemen dinding melalui jendela? Sulit bukan berarti tak mungkin. Manfaatkan rancangan skylight yang memungkinkan ruang mendapatkan pencahayaan alami dari bagian atas ruangan. Jika skylight membuat budget membengkak, kita bisa mengganti dengan atap berbahan kaca. Bahan ini cukup populer untuk menambah pencahayaan pada rumah.

(source : whyskylights.com)

Manfaatkan Glass Block atau tembok dengan bahan kaca. Memberikan bukaan pada rumah memang bisa memberikan pencahayaan alami. Tapi terkadang terdapat view yang ingin kita hindari. Untuk itu, kamu bisa ganti sumber pencahayaan alami di ruangan dengan menggunakan kaca es glass block agar pencahayaan alami bisa menembus masuk tanpa membuat view yang tak diinginkan terlihat dari dalam ruangan. Untuk tampilan yang menarik, kita bisa menata komposisi dari glass block semenarik mungkin dan akan mendapatkan estetika yang juga mampu memaksimalkan penerangan pada ruangan.

Baca juga :  Rumah Mediterania yang Mewah dan Bergaya
(source : archdaily.com)

Lalu kita bisa mendapatkan efek bayangan yang dramatis dengan roster, yaitu desain tembok lubang yang berpola. Tak cuma sekedar terang saja, pencahayaan alami bisa kita desain untuk hidupkan suasana yang lebih dramatis. Efek dramatis ini salah satunya bisa kita dapatkan dari bayangan-bayangan di dalam ruang melalui penggunaan roster atau loster. Kini ada banyak sekali pilihan desain roster yang menarik dan modern sehingga tak cuma buat pencahayaan alami memberikan efek bayangan yang dramatis, namun secara tampilan juga estetik dan menarik.

2 pemikiran pada “Maksimalkan Desain, Untuk Nilai Fungsi Tambahan

  1. Pemanfaatan kaca sebagai masuknya cahaya juga berdampak pada hemat listrik. Ruangan yang gelap di siang hari bisa memanfaatkan cahaya selain dengan lampu. Ternyata pengoptimalan cahaya berdampak besar meskipun terlihat remeh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *