Rumah MinimalisSemua Artikel

Love at The First Sight dengan Fasad

Source : GeTs Architects

Kesan rumah bagus dan indah yang pertama kali dilihat adalah tentu dari luarnya. Desain yang bagus membuat orang – orang yang melihat rumahmu pasti iri. Dalam dunia arsitektur ada namanya fasad rumah. Nah, fasad rumah itu apa sih? Dikutip dari Rooang, Fasad atau façade sebenarnya merupakan kata yang berasal dari bahasa Perancis yaitu façade, atau dari bahasa Italia Facciata atau faccia. Dalam bahasa Latin, kata Faccia sebenarnya memiliki arti wajah. Wajah di sini kaya kamu ngelihat doi, yang dilihat pertama kali adalah wajahnya cantik atau ngga. Wajah yang cantik atau tampan akan membuat kamu jatuh hati pada pandangan pertama. Begitu juga pada rumah. Rumah yang memiliki desain luar yang menarik, cantik, dan unik akan membuat orang yang melihatnya jatuh hati.

www.dezeen.com diakses 18/04/20

Fasad menjadi elemen utama yang pertama kali diperhatikan orang sebelum masuk ke rumah dan memberikan kesan tersendiri bagi orang yang melihatnya. Fasad rumah inilah yang menjadi poin penting dalam membangun rumah. Biasanya bangunan yang memiliki nilai komersial akan membuat fasad sebagus dan sebaik mungkin. Contohnya adalah hotel, apartemen, ataupun perkantoran. Desain yang bagus ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi orang – orang yang ingin berkunjung ke tempat itu.

Sekarang saya akan membahas tentang fasad rumah minimalis. Saat ini, rumah minimalis memiliki peminat yang cukup tinggi. Rumah minimalis dibuat dengan konsep yang meminimalisir penggunaan berbagai elemen dan desain. Penentuan warna juga dapat mempengaruhi fasad dari rumah minimalis. Biasanya orang akan menggunakan warna – warna yang netral dan tidak mencolok seperti hitam, putih, abu – abu atau cokelat. Dilansir dari bramblefurniture, fasad rumah minimalis biasanya terdiri dari bentuk-bentuk geometri yang tegas serta didominasi dengan warna monokrom yang mampu membuat fasad terlihat bersih dan terang. Tak hanya itu, fasad pada rumah minimalis juga menggabungkan beberapa unsur alam seperti batu alam dan kayu sebagai aksennya.

Baca juga :  Makna Fisik dan Filosofi Rumah Honai
www.casaindonesia.com diakses 18/04/20

Ada beberapa poin yang harus diperhatikan dalam membangun fasad rumah minimalis yaitu yang pertama dengan memperhatikan garis dan warna. Dengan mempermainkan warna dan garis yang benar maka akan menjadikan fasad yang cantik. Rumah minimalis biasanya menggunakan garis diagonal dan garis vertikal dengan satu warna yang mencolok agar terlihat. Poin kedua yaitu dengan memilih bahan yang kokoh namun tetap terlihat natural. Poin ketiga adalah dengan memperhatikan posisi – posisi jendela, pintu, ventilasi, dan yang lainnya agar tetap terlihat senada. Poin keempat adalah menambahkan ornamen – ornamenn seperti tanaman hias yang dapat menambah kesan hijau pada rumah. Tata letak untuk menempatkan tanaman hias juga perlu diperhatikan. Jangan sampai diletakkan sembarangan dan orang lain akan beranggapan bahwa itu semak belukar yang tidak terawat. Bukan malah memberikan kesan yang menarik. Hal itu justru merusak fasad dari rumah itu sendiri.

Baca juga :  Atur Green Architecture Agar Bumi Tak Hancur

Dari poin – poin tersebut dapat disimpulkan dalam penjelasan singkat dari Krier (2001) yang disebutkan dalam jurnal ar komposisi fasad  harus  mempertimbangkan  persyaratan fungsional    yaitu    jendela,    bukaan    pintu, pelindung  matahari,  dan  bidang  atap.  Desain fasad    pada    dasarnya    berkaitan    dengan penciptaan kesatuan harmonis antara proporsi yang  baik,  penyusunan  struktur  vertikal,  dan horisontal,  ritme  bahan,  warna,  dan  elemen dekoratif.  Sebagai  suatu  keseluruhan,  fasad tersusun  dari  beberapa  elemen  tunggal  yaitu entrance dan   pintu   masuk, arcade,   lantai dasar,  jendela,  balkon,  dan  logia,  serta  atap. Komposisi   fasad   terdiri   dari   penstrukturan disatu  sisi  dan  penataan  pada  sisi  lainnya. Elemen-elemen  fasad  itu  merupakan  benda yang berbeda sehingga memiliki bentuk, warna, dan bahan yang berbeda pula.

Pencahayaan atau lighting juga dapat memberikan kesan yang dalam pada fasad rumah minimalis. Pencahayaan dapat memberikan kesan yang menonjol atau titik fokus dalam fasad rumah yang menarik dari serangkaian elemen yang lain. Fasad rumah minimalis biasanya berbentuk kotak dan sangat menghindari lekukan. Elemen yang perlu difokuskan adalah kepada jendela dan pintu.

www.casaindonesia.com diakses 18/04/20

Berikan desain fasad rumah minimalismu secantik mungkin agar orang langsung jatuh cinta pada pandangan pertama!

3 pemikiran pada “Love at The First Sight dengan Fasad

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *